Return to site

Bekerja Lebih Sedikit, Mejual Lebih Banyak

Mengurangi pekerjaan untuk memaksimalkan penjualan

· Tips Sales

Bisakah salesperson bekerja lebih sedikit, tapi mampu menjual lebih banyak? Jawabannya bisa! Caranya adalah dengan bekerja efisien, efektif dan menjaga produktivitas. Bagi Anda yang ingin bekerja lebih sedikit, tapi mampu menjual lebih banyak, berikut adalah beberapa tips dari kami yang dapat Anda terapkan.

1. Menilai diri sendiri setiap pekan

Sebelum Anda mulai bekerja, cobalah untuk melakukan penilaian kinerja Anda setiap pekan. Dari angka 1 – 9 di posisi mana Anda saat ini. Fokuskan penilaian Anda pada keberhasilan pendekatan dengan prospek dan berdasarkan kegagalan.

Melakukan penilaian diri ini akan membantu Anda melihat di mana posisi terbaik Anda setiap pekannya dan aktivitas apa yang membuat Anda gagal maupun yang membawa Anda pada keberhasilan. Hilangkan aktivitas-aktivitas yang menghabiskan waktu dan cenderung membawa kegagalan untuk Anda. Tingkatkan aktivitas yang menunjang keberhasilan Anda.

2. Rencana utama yang teratur

Ungkapan yang harus selalu Anda bawa agar rencana berhasil adalah “gagal dalam merencanakan, maka Anda gagal dalam menjual”. Tanamkan terus kalimat tersebut setiap Anda akan mulai memikirkan strategi penjualan. Dengan demikian Anda akan terus berusaha membuat strategi penjualan yang efektif setiap hari.

3. Hindari gangguan

Anda telah memiliki strategi yang baik, jadwal yang baik dengan prospek/pelanggan. Selama itu tidak menentang kebijakan perusahaan, Anda berhak meneruskan strategi dan jadwal Anda tersebut. Bersikap disiplin untuk setiap tindakan yang Anda lakukan merupakan kunci yang tepat agar Anda mampu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Hindari segala macam gangguan yang dapat membawa keterlambatan proses penjualan. Gangguan yang datang dari internal perusahaan, keluarga atau bahkan teman dan prospek.

4. Jangan takut untuk mengatakan tidak

Hindari prospek yang terlalu mengulur waktu, hindari rekan yang mengajak Anda untuk bekerja tidak maksimal dengan memberanikan diri mengatakan tidak kepada mereka. Menerima pekerjaan diluar rencana itu artinya Anda telah mengabaikan poin ke-2. Sehingga waktu yang Anda miliki pun mulai tidak beraturan dan berimbas pada menurunnya efektivitas, efisiensi dan produktivitas Anda.

5. Memotivasi diri

Anda memiliki tanggung jwab pada diri sendiri untuk terus termotivasi dalam bekerja. Ketika Anda merasa tidak memiliki motivasi dalam bekerja, pekerjaan Anda pun mulai molor dan semakin menumpuk. Upaya penjualan pun tidak maksimal dan cenderung sering menemukan kegagalan dalam bekerja.

Itulah hal-hal yang dapat membantu Anda bekerja lebih sedikit, tetapi mampu meningkatkan penjualan Anda. Semoga tips ini bermanfaat untuk mendorong Anda mendapatkan penjualan yang lebih baik. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com