Return to site

Bukan Tentang Salah Atau Benar, Fokuslah Pada Efektivitas & Tidak

Strategi mana yang Anda gunakan saat ini?

· Tips Sales,Tips Marketing

Sales pasti sering mengalami masalah penjualan seperti masalah persaingan dan penurunan penjualan. Perlu Anda ketahui, dalam sales tidak hanya fokus pada langkah yang benar atau langkah yang salah. Tetapi, yang harus Anda perhatikan dari semuanya adalah apakah cara yang Anda lakukan adalah cara yang efektif atau tidak efektif.

 

Mengapa demikian? Dengan fokus pada mana yang benar dan salah, Anda tidak akan bisa mengeksplor semua peluang yang sebenarnya dapat Anda capai lebih jauh lagi. Sebagai contoh, ketika Anda merasa bahwa pekerjaan Anda sudah benar, maka Anda akan terus bekerja dengan cara tersebut selamanya. Karena menurut Anda caranya memang seperti itu. Padahal, ketika Anda berhasil meningkatkan apa yang Anda kerjakan dapat membawa Anda pada level yang lebih baik lagi.

 

Lain halnya jika Anda dapat berpikir untuk mencari cara yang efektif dan tidak. Anda dapat meningkatkan semua potensi yang ada yang sebelumnya belum pernah Anda gali saat Anda hanya fokus dengan cara yang benar atau salah. Dengan demikian, semua potensi yang ada disekitar Anda dapat digali untuk mencapai kinerja yang lebih maksimal.

 

Selain itu, memikirkan cara yang efektif dan tidak akan membawa Anda pada hasil kerja bukan hanya sebatas pada bekerja dengan benar, Anda dapat meningkatkan kemampuan dalam diri Anda karena Anda berhasil mengeksplor semua kemungkinan dan peluang yang akan Anda dapatkan.

 

Sebagai contoh, ketika Anda akan menjual produk. Cara yang benar adalah sebatas menawarkan produk, negosiasi dan kemudian closing. Cara seperti ini apakah dapat berjalan dengan cepat? Tidak!

 

Dalam bisnis tidak semua dapat laku dengan cepat seperti saat seorang pembeli memilih ikan di pasar, cocok langsung dibawa pulang. Ada kalanya membutuhkan proses yang sangat panjang dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika Anda hanya memikirkan cara yang benar, maka Anda tidak akan pernah meningkatkan penjualan. Karena Anda berusaha menjual dengan mengikuti pola yang begitu saja, sedangkan pasar mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

 

Akan tetapi, ketika Anda memikirkan cara yang efektif, maka Anda akan fokus pada bagaimana cara Anda memecahkan masalah dari penjualan yang awalnya membutuhkan waktu 1 bulan menjadi 2 minggu. Ketika Anda berhasil mmenjalankan pekerjaan seperti ini, tentu bukan hanya peningkatan penjualan yang akan Anda dapatkan, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan Anda sebagai seorang sales. Karena Anda menghilangkan pembatas dalam diri Anda, dari yang sebelumnya melakukan pada sebatas jalan yang benar dengan menambahkan nilai efektivitas di dalamnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com