Return to site

Cara Agar Memiliki Tim Sales Yang Dapat Mengambil Keputusan

Menjaga keberanian tim sales mengambil keputusan

· Leadership

Tim Anda bekerja keras setiap hari untuk belajar dalam setiap keadaan yang mereka hadapi. Sebagai leader, Anda tentu mengharapkan anggota tim yang dapat bekerja dengan baik setiap hari agar dapat mencapai penjualan sesuai target. Namun, keberhasilan tim Anda juga tidak luput dari pengambilan keputusan yang mereka lakukan. Sedangkan untuk seorang anggota tim, mengambil keputusan merupakan hal yang tidak dapat dilakukan dengan cepat. Semua membutuhkan waktu, pengalaman dan praktik.

Anda jangan hanya memikirkan bagaimana kemampuan pengambilan keputusan diri Anda sendiri. Tetapi, perhatikan pula kemampuan pengambilan keputusan dari anggota tim Anda agar mereka dapat mengambil keputusan sendiri ketika menghadapi masalah kecil maupun besar. Jika tim Anda dapat mengambil keputusan dengan baik, selain mereka dapat bekerja lebih produktif, kesempatan mereka berkembang pun akan semakin terbuka. Sehingga, Anda pun dapat meningkatkan kemampuan Anda sendiri setelah tim Anda dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Bagi Anda yang peduli pada pertumbuhan perusahaan, kemampuan tim untuk menjual dan produktivitasnya, berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat membantu tim mengambil keputusan sendiri.

1. Bantu tim Anda memetakan masalah

Ajak tim sales Anda membicarakan masalah-masalah yang mereka hadapi saat menjalan tugasnya di lapangan. Ajari mereka untuk memetakan setiap masalah tersebut untuk kemudian menentukan mana yang harus diprioritaskan. Sehingga, ketika mereka menghadapi setiap masalah dapat memilih prioritasnya masing-masing. Komunikasikan pula dengan mereka, mana masalah yang dapat merugikan perusahaan dan mana yang tidak.

2. Biarkan mereka mengalami kegagalan

Semua orang memiliki kesalahan yang berdampak pada kegagalan. Sebagai orang yang harus mengelola karakter tim, Anda harus bisa memberdayakan tim untuk membuat keputusan yang lebih baik walaupun keputusan yang mereka ambil berakhir pada kesalahan. Biarkan kesalahan tersebut menjadi penyemangat mereka agar lebih percaya diri dalam membuat keputusan. Karena ini merupakan salah satu cara agar mereka dapat bekerja lebih baik dan berkembang.

3. Ajarkan mereka cara mengevaluasi

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk mendorong tim Anda menjadi seorang pengambil keputusan yang baik adalah dengan mengajari mereka cara mengevaluasi setiap keputusan yang telah mereka ambil. Luangkan waktu Anda untuk mengajari mereka cara mengevaluasi apa saja yang salah dari keputusan yang telah mereka buat sebelumnya. Sehingga, ketika ada kesempatan untuk membuat keputusan sendiri, ia memiliki kesempatan untuk mengambil keputusan yang lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK