Return to site

Cara Agar Menjadi Sales Leader Yang Bekerja Efektif

Bekerja efektif meningkatkan produktivitas, produktivitas meningkatkan pendapatan!

· Leadership

Sales leader memiliki banyak tugas dan peran yang harus dikerjakan secara bergantian setiap harinya. Namun, sales leader merupakan orang yang dianggap pantas oleh perusahaan untuk membawa pertumbuhan bisnis perusahaan ketika mereka memimpin tim sales. Sayangnya, tidak sedikit sales leader yang merasa jabatan yang ia miliki saat ini adalah untuk memerintah tim sales namun ia tidak mau tahu dengan masalah yang sedang dialami oleh tim.

Seharusnya, sales leader adalah orang yang bersedia mendengarkan jika mereka menginginkan timnya dapat bekerja dengan efektif. Bagaimana agar sales leader dapat bekerja efektif untuk menunjang kinerja dan produktivitas timnya? Berikut adalah beberapa panduannya untuk Anda.

1. Komunikasi tentang tujuan dan target yang ingin dicapai perusahaan dengan jelas

Tim sales membutuhkan informasi yang jelas tentang tujuan dan target yang ingin dicapai oleh perusahaan. Ketika tim sales tidak memiliki informasi yang jelas tentang hal ini, bagaimana tim Anda akan bekerja dengan baik? Ibaratnya Anda menyuruh tim bekerja, tetapi mereka tidak mengetahui apa tujuan mereka dalam bekerja. Apakah hanya harus menjual produk tanpa memperhatikan hal lainnya yang berhubungan dengan pelanggan?

2. Menginspirasi tim sales

Ketika tim mengalami kesulitan untuk menyusun ide-ide penjualan maupun langkah yang harus diambil agar berhasil melakukan penjualan, disinilah peran Anda sebagai sales leader harus memberikan inspirasi kepada tim Anda. Menginspirasi tim dengan memberikan motivasi dan pelatihan-pelatihan agar keterampilan tim Anda memiliki keterampilan yang semakin baik dalam menjual.

3. Memberi tantangan pada tim

Coba Anda membuat tantangan-tantangan sederhana yang dapat memacu tim Anda menjual lebih baik. Berikan reward kepada mereka yang berhasil menyelesaikan tantangan yang Anda berikan. Anda tidak perlu memberikan bonus berupa uang kepada mereka agar mereka tidak hanya menilai kinerjanya dengan uang. Anda dapat memberikan reward berupa cuti tambahan atau hal-hal lain yang dapat membangun keterampilan mereka seperti tiket seminar dari pakar sales kelas dunia dan lain sebagainya.

4. Jangan pernah berhenti belajar

Mungkin Anda berpikir menduduki jabatan sebagai sales leader adalah posisi puncak yang bisa Anda capai. Anda pun menganggap bahwa posisi ini sudah cukup dan tidak perlu belajar hal-hal baru lagi. Ketika Anda berhenti belajar, maka Anda dan tim tidak akan bisa menghadapi persaingan bisnis yang terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Oleh karena itu, teruslah belajar untuk meningkatkan keterampilan dan kepemimpinan Anda.

Itulah tips untuk menjadi seorang sales leader yang dapat bekerja efektif dan menjadi panutan bagi timnya. Semoga tips ini dapat mengubah sudut pandang Anda dalam memimpin tim menjadi lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com