Return to site

Cara Mengembalikan Energi Tim Sales Untuk Menjual Produk

Bangkit ketika penjualan sedang menurun

Cara Mengembalikan Energi Tim Sales Untuk Menjual Produk

Ketika bisnis tengah mengalami penurunan, kita harus percaya bahwa perusahaan yang saat ini kita kelola akan kembali tumbuh. Asal, kita bisa membuat strategi baru serta menerapkan cara khusus dalam menghadapi pelanggan. Sangat penting bagi Anda ketika kondisi penjualan menurun, Anda harus benar-benar fokus untuk melakukan riset mulai dari proses pendekatan dengan lead hingga proses penjualan.

Pengawasan dan riset ini harus Anda kerjakan bersama tim sales dan marketing yang Anda miliki. Karena tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja tim Anda selama periode penurunan tersebut. Serta bagaimana cara tim Anda mengakuisisi pelanggan baru. Tujuan utama menerapkan hal ini adalah untuk meningkatkan akuisisi klien baru untuk perusahaan Anda.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan energi penjualan yang dibangun dari tim sales Anda.

1. Mengajarkan tim sales untuk berpola pikir 2 untuk 1

Berilah semangat kepada tim Anda untuk terus mengejar target penjualan dengan mengajarkan mereka berpola pikir dua pelanggan baru setiap membukukan closing satu kali. Berilah rewards jika tim sales Anda berhasil mencapai penjualan sesuai sistem ini. Terus tingkatkan target secara berkala sesuai kemampuan mereka.

2. Mengembangkan strategi sesuai dengan feedback dari pelanggan

Sempatkan diri Anda untuk menghubungi pelanggan melalui telepon atau email untuk meminta feedback dari mereka. Kumpulkan semua feedback yang diterima, buatlah strategi sesuai dengan feedback mayoritas yang Anda terima. Dengan demikian, Anda sebagai sales leader secara perlahan akan mampu mendefinisikan bagaimana produk yang Anda miliki.

3. Menyederhanakan proses pengumpulan informasi

Kumpulkan semua feedback, data pelanggan serta apa saja yang berkaitan dengan penjualan dalam satu tempat yang lebih sederhana dan mudah diakses oleh semua tim Anda. Penyederhanaan ini selain memudahkan tim Anda dalam mengejar target penjualan juga untuk menambah produktivitas tim sales Anda.

4. Membiasakan tim dengan teknologi cloud

Cloud bukanlah teknologi baru dalam dunia bisnis. Implementasi cloud pada perusahaan terbukti lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara tradisional maupun dengan teknologi konvensional. Salah satu teknologi cloud yang bisa diterapkan ialah CRM maupun Cloud Storage. Yang terpenting adalah penggunaan cloud dapat memangkas pengeluaran perusahaan.

Itulah empat cara mengembalikan energi ditengah penurunan penjualan yang dialami perusahaan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki cara tersendiri untuk mengembalikan energi tim sales Anda untuk mengejar target penjualan setiap bulannya?

Ilustrasi (c) Unsplash.com