Return to site

Cara Meningkatkan Nilai Rata-Rata Pembelian Pelanggan Lama & Baru

Average s Order Value yang menambah loyalitas pelanggan

· Tips Sales

Nilai rata-rata pembelian pelanggan atau Averages Order Value (AOV) adalah strategi penjualan yang dilakukan oleh sales dengan fokus pada peningkatan jumlah pembelian yang dilakukan oleh satu orang pelanggan untuk mendapatkan nilai lebih. Peningkatan ini merupakan peningkatan jumlah pembelian per transaksi yang dilakukan. Sehingga pendapatan yang didapatkan oleh sales mendapatkan peningkatan dari pembelian tersebut. Bagaimana agar dapat meningkatkan AOV? Berikut tipsnya untuk Anda!

1. Melakukan sistem Upselling maupun Cross-Selling

Memberikan rekomendasi produk kepada pelanggan merupakan salah satu strategi penting untuk meningkatkan AOV. Melalui sistem rekomendasi upselling dan cross-selling produk yang relevan dengan kebutuhan pelanggan, maka Anda dapat meningkatkan pendapatan dan nilai rata-rata pembelian. Sehingga ada nilai tambah dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

2. Memberikan kesempatan terbatas

Kesempatan terbatas umumnya diberikan oleh perusahaan dengan memberikan rewards dalam bentuk apapun kepada pelanggan agar ia melakukan transaksi lebih. Contoh, pemberian double rewards point atau kesempatan meningkatkan loyalitas untuk mendapatkan manfaat terbatas dari perusahaan. Cara ini akan menambah jumlah pembelian yang akan dilakukan oleh pelanggan.

3. Bundling produk

Penjualan produk dengan cara bundling merupakan salah satu metode penjualan yang masih sangat efektif untuk meningkatkan AOV pelanggan. Terlebih lagi bagi Anda yang menjual produk berbasis B2C. Karena, dengan paket produk seperti ini, pelanggan akan merasa melakukan pembelian yang lebih murah walaupun Anda memberikan potongan harga yang sangat kecil. Bagi pelanggan B2C, sekecil apapun selisih tersebut, jika ada kesan menghemat, mereka akan tetap melakukan pembelian dengan sistem bundling tersebut. Tetapi, Anda harus memberikan program ini dengan produk yang relevan layaknya cross-selling.

4. Memberikan imbauan melalui website dan sosial media terkait program

Anda dapat memberikan contoh pelanggan yang sudah berhasil mengikuti program Anda melalui website dan sosial media. Dengan catatan, Anda meminta izin terlebih dahulu kepada pelanggan untuk menjadikannya sebagai salah satu pelanggan yang memberikan testimoni. Sehingga pelanggan lain akan lebih tertarik untuk mengikuti pelanggan yang sudah melakukan pembelian terlebih dahulu tersebut.

5. Kenali pelanggan dengan sistem CRM

Strategi untuk meningkatkan nilai rata-rata pembelian pelanggan tidak akan berhasil jika Anda tidak mengenal pola pelanggan, kebutuhan pelanggan dan potensi dari pelanggan. Untuk itu, Anda harus memiliki data-data pelanggan yang akurat dan udah untuk dipahami sebelum mulai menjalankan strategi ini. Agar Anda dapat mengenal pelanggan dengan baik, software CRM dapat menjadi solusi untuk Anda.

Itulah cara untuk meningkatkan nilai rata-rata pembelian pelanggan yang dapat kami berikan. Semoga tips ini dapat membantu Anda memperbaiki dan meningkatkan pendapatan tanpa harus mengorbankan keuntungan yang besar melalui sistem diskon yang tidak diperlukan. Ikuti kami terus dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly