Return to site

Cara Meningkatkan Produktivitas Penjualan Perusahaan

Yang harus dilakukan agar produktivitas penjualan perusahaan terus tumbuh

Cara Meningkatkan Produktivitas Penjualan Perusahaan

Produktivitas penjualan sering kali tidak seperti yang diharapkan karena terlalu rumitnya proses dari tim sales maupun marketing. Terlebih lagi proses yang berhubungan dengan data pelanggan serta riwayat pelanggan. Proses tradisional tentu akan sangat membutuhkan waktu bagi tim sales untuk mengolah semua data-data tersebut. Semakin lama proses yang dikerjakan, semakin rendah pula tingkat produktivitas tim sales dalam bekerja. Efek lain yang dirasakan oleh perusahaan ialah kehilangan prospek karena merasa bahwa proses untuk membeli/menggunakan produk/layanan terlalu rumit dan lambatnya tanggapan dari perusahaan.

Lalu bagaimana meningkatkan produktivitas tim sales untuk meningkatkan penjualan? Coba terapkan beberapa hal berikut ini.

1. Mengurangi waktu untuk melakukan data entry secara manual

Berapa banyak data yang dilaporkan oleh tim marketing dan tim sales selama satu hari ini? Bagaimana cara Anda untuk memasukkan data-data laporan tersebut untuk perusahaan, apakah dengan cara menyimpan hard document atau soft document? Cara ini masih terlalu rumit untuk bisa meningkatkan produktivitas. Anda dapat melakukan cara memasukkan data dalam satu sistem yang mengupdate untuk semua divisi perusahaan yang berhubungan dengan penjualan.

2. Meningkatkan sikap sosial dengan pelanggan

Menjaga hubungan dan bersosialisasi dengan pelanggan merupakan cara untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Pada prinsipnya sangat sederhana, yakni dengan mengetahui siapa pelanggan Anda. Jika berhubungan dengan penjualan, maka Anda harus memiliki data proses negosiasi yang tersimpan dalam satu tempat. Dengan demikian, siapapun yang akan bertugas untuk melanjutkan negosiasi dapat mengetahui semua proses negosiasi dengan sales/marketing sebelumnya.

3. Membuat target pasar berdasarkan proses penjualan sebelumnya

Untuk mencapai poin ketiga ini, Anda harus melihat statistik penjualan Anda. Tanpa data ini, maka Anda tidak bisa menentukan target yang sesuai atau target pasar yang akan dijadikan prioritas. Jika Anda menerapkan cara tradisional, tentu poin ketiga ini akan sangat memakan waktu yang cukup lama. Anda harus menerapkan sistem yang dapat memudahkan seluruh tim Anda untuk melihat statistik berdasarkan penjualan sebelumnya. Jika Anda berhasil, maka produktivitas tim sales Anda untuk melakukan penjualan akan mengalami peningkatan pula.

4. Membuat rencana untuk mencapai kesepakatan dengan nilai besar

Untuk membuat rencana ini, Anda harus bisa mengumpulkan semua data-data yang berhubungan dengan pelanggan serta melihat statistik penjualan. Semakin banyak pelanggan Anda, maka semakin kompleks pula data yang harus Anda lihat dan tentu membutuhkan waktu yang lebih panjang pula. Tak hanya harus melihat data penjualan, Anda juga harus memperhatikan pelanggan mana yang bisa Anda jadikan pelanggan prioritas yang menurut Anda miliki peluang untuk melakukan pembelian lebih tinggi lagi.

Perlu Anda ketahui, semua cara tersebut memang akan sangat membutuhkan proses yang panjang dan dapat menghambat produktivitas tim sales Anda. Bagaimana jika Anda dapat menyederhanakan semua tugas tersebut dalam satu sistem? Tentu akan sangat memudahkan bukan?

Sistem sederhana yang memiliki kemampuan untuk menganilasa prospek, membuat statistik penjualan, menentukan pelanggan prioritas lebih mudah dan menyimpan data negosiasi ada pada CRM. Dengan Cloud Based CRM, Anda dapat melihat update data secara real time. Anda juga berkesempatan untuk menikmati kemudahan-kemudahan lainnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang CRM ini, silakan Anda hubungi kami di hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Unsplash.com