Return to site

Cara Menjadi Seorang Presenter Sales Yang Sukses

Jadikan momen presentasi sebagai waktu terbaik mendapatkan pelanggan

· Tips Sales,Tips Presentasi

Sebagai sales representatif, Anda tidak hanya dituntut untuk bisa mengenal produk/layanan, pandai menjaga hubungan serta pandai menawarkan produk saja. Tetapi, Anda juga harus bisa menjadi seorang presenter yang dapat membawa ketertarikan dari seorang prospek agar lebih tertarik untuk menggunakan produk Anda sesegera mungkin. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menguasai trik-trik seorang ahli presentasi yang sukses mempresentasikan produk/layanannya kepada prospek. Apa saja yang mereka lakukan untuk mencapai hasil presentasi yang maksimal? Ini rahasianya!

1. Memperhatikan pesan dari presentasi sebelum menciptakan slide

Slide dalam presentasi bukanlah hal yang harus Anda utamakan. Slide merupakan bumbu-bumbu presentasi, yang terpenting dari presentasi itu sendiri adalah bagaimana prospek dapat menangkap pesan dari presentasi yang Anda berikan.

2. Berpikir bagaimana prospek dapat menerima pesan Anda

Dikarenakan pesan dari presentasi belum tentu diterima oleh prospek, dalam hal ini Anda harus mulai berpikir bagaimana agar pesan presentasi tersebut dapat diterima oleh prospek. Karena, berawal dari pesan inilah prospek Anda akan mulai mengeluarkan keputusan untuk melakukan pembelian atau memilih untuk mundur dari proses.

3. Mengurangi slide yang kompleks dan grafis yang terkesan asal-asalan

Pada poin #1 kami menyebutkan bahwa slide adalah bumbu-bumbu presentasi. Mengapa demikian? Dengan slide, prospek memiliki gambaran lebih jelas mengenai produk Anda, apa saja yang ditawarkan dan juga untuk mencerminkan profesionalitas dari diri Anda. Bagian dari profesionalitas tersebut adalah dengan membuat slide yang sederhana dan bersih dari konten-konten yang tidak diperlukan.

4. Menjaga prospek tetap fokus pada proses presentasi yang Anda lakukan

Jika prospek sudah mulai menoleh ke kanan/kiri, melirik kanan/kiri, itu artinya minat prospek untuk mengikuti presentasi Anda sudah mulai berkurang. Jangan biarkan hal ini terus terjadi di saat presentasi penting ini. Kembalikan fokus mereka dengan memberikan waktu pada prospek untuk bertanya atau hal-hal lain yang dapat mengundang perhatian prospek yang mengikuti presentasi Anda.

5. Ulas hasil presentasi Anda

Setiap selesai presentasi, biasakan untuk mengulas hasil presentasi tersebut. Jadikan hasil presentasi sebelumnya sebagai waktu yang tepat untuk belajar dan menjadikan presentasi selanjutnya menjadi lebih baik dan dapat meyakinkan prospek agar melakukan pembelian kepada Anda.

Itulah tips-tips yang dapat kami berikan kepada Anda agar dapat menjadi seorang presenter yang sukses dalam menjual. Jangan lupa untuk mengikuti blog kami dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini. Gratis!

Ilustrasi (c) Unsplash.com