Return to site

Cara Menjual Dengan Tindakan Yang Lebih Baik

Mengambil tindakan yang paling tepat dalam penjualan

· Tips Sales

Kita percaya bahwa penjualan murni dapat diukur dengan pendapatan dan volume penjualan. Tetapi, pada era bisnis yang lebih modern dengan tingkat persaingan yang lebih ketat seperti saat ini, tolok ukur tersebut tidak lagi menjadi prioritas. Penjualan saat ini lebih mengarah pada hal yang tidak berkaitan langsung dengan produk. Perusahaan cenderung menjadikan pelanggan/prospek menjadi poros utama. Terutama untuk perusahaan business to business (B2B) yang mengukur berdasarkan profitabilitas pelanggan, retensi pelanggan dan rasio konversi prospek.

Penjualan tentu akan melihat pertumbuhan batas bawah (bottom-line) maupun pertumbuhan batas atas (top-line). Tetapi, karena penjualan terus mengalami perubahan, Anda juga harus memperhatikan seberapa jauh Anda dalam memahami dan mengendalikan profitabilitas pelanggan secara individual.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan bagaimana Anda maupun tim (jika Anda sebagai leader) mengatur strategi untuk memastikan bahwa Anda bisa mempertahankan pelanggan yang Anda butuhkan untuk bisa terus membantu menjaga kesuksesan perusahaan Anda.

Anda juga harus memperhatikan bagaimana Anda dapat meningkatkan konversi lead dengan baik. Bagaimana sikap Anda apabila menemukan lead yang awalnya memiliki cara pikir berbeda tentang produk yang dianggap tidak mampu meningkatkan profitabilitas pelanggan secara individual?

Sebuah pertanyaan besar yang perlu Anda jawab untuk mengatasi masalah penjualan yang harus Anda atasi. Anda tidak bisa bertindak gegabah dengan mengorbankan potensi konversi lead yang dimiliki begitu saja. Karena, bagaimanapun juga tugas Anda untuk perusahaan adalah bertanggung jawab untuk mencari prospek, mendapatkan pelanggan baru, mengatur pertumbuhan top-line perusahaan dan semua tugas-tugas lain yang sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk perusahaan.

Untuk bisa berhasil, kunci utama adalah diri Anda dan tim dengan diimbangi data yang akurat berkaitan dengan pelanggan dan prospek. Anda tidak akan bisa selalu berada di depan ketika berhadapan dengan persaingan. Karena dalam penjualan tidak seperti ilmu warisan ketika Anda mendapat jatah dari orang tua, sudah pasti Anda akan mendapatkan jatah tersebut.

Dalam dunia sales, untuk mendapatkan pelanggan, Anda harus mengikuti perubahan pasar dan beradaptasi dengan cepat. Meningkatkan keahlian dalam melakukan pendekatan, negosiasi dan menjaga hubungan serta bertanggung jawab dengan baik dalam menjalankan tanggung jawab. Itulah yang harus Anda lakukan untuk dapat menjual dengan baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com