Return to site

Cara Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menambah loyalitas pelanggan

Cara Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah sosok pelanggan yang lebih bernilai dibandingkan dengan pelanggan baru. Hal ini sudah dibuktikan diberbagai studi di berbagai negara. Pelanggan yang loyal mampu mengangkat reputasi perusahaan. Selain itu, pelanggan loyal akan lebih banyak membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk/layanan kepada calon pelanggan baru.

Membangun loyalitas pelanggan merupakan langkah yang paling tepat untuk terus bertahan menghadapi kompetisi yang semakin ketat seperti saat ini. Ketika perusahaan memiliki banyak pelanggan yang loyal, maka perusahaan memiliki kesempatan untuk menekan pengeluaran marketing. Akan tetapi, perusahaan akan memiliki banyak peluang untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk untuk terus tumbuh demi memuaskan pelanggan. Jika Anda berminat untuk mulai meningkatkan loyalitas pelanggan, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda terapkan mulai hari ini.

1. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Pengalaman pelanggan adalah merupakan peringkat teratas untuk bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan meningkatkan pengalaman pelanggan dan kepuasan untuk mereka, maka Anda telah berhasil menghapus kesempatan kehilangan mereka guna beralih ke kompetitor Anda. Anda dapat menjadikan kesempatan ini untuk meningkatkan keuntungan baru bagi perusahaan.

2. Tingkatkan moral karyawan

Performa karyawan akan turut memberikan pengalaman terhadap pelanggan-pelanggan Anda. Tidak mungkin pelanggan percaya bahwa Anda bisa memuaskan mereka jika melihat karyawan Anda tidak memiliki moral yang baik. Untuk meningkatkan moral karyawan, Anda bisa menerapkan strategi yang sekiranya mampu membawa semangat mereka serta memberikan pelatihan yang cukup. Sebagai contoh dengan memberikan pelatihan ketika mereka harus menghadapi pelanggan.

3. Membuat program loyalitas

Cara ini sebenarnya pernah kami bahas dibeberapa artikel sebelumnya yang berhubungan dengan pelanggan. Mungkin kami akan mengingatkan kembali bahwa program loyalitas ini bisa berupa rewards. Sejauh ini, penerapan program loyalitas ditujukan kepada top spender.

4. Ikut menceritakan kesuksesan pelanggan

Jika fokus Anda adalah B2B, Anda dapat menerapkan strategi dengan ikut berbagi kesuksesan pelanggan Anda. Seperti, bagaimana pelanggan Anda ikut sukses setelah bekerja sama atau menggunakan produk Anda. Selain menceritakan kesuksesan, Anda dapat menceritakan tentang pengalaman pelanggan, bagaimana Anda membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi dan lain sebagainya. Langkah ini bisa Anda lakukan melalui seminar maupun social media. Tujuannya adalah untuk memotivasi pelanggan-pelanggan Anda serta memancing kepercayaan terhadap pelanggan baru.

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK