Return to site

Cara Untuk Meningkatkan Skill Komunikasi Secara Signifikan

Melatih diri untuk menambah peningkatan kualitas komunikasi

· Tips Sales

Memiliki skill komunikasi yang baik, tentu menjadi target pribadi seorang sales leader maupun sales representatif. Selain untuk meningkatkan kualitas diri dalam menawarkan produk, skill komunikasi yang baik juga akan menambah potensi penjualan. Lalu, Bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi bagi leader dan sales represntatif? Berikut tipsnya untuk Anda:

1. Belajar mendengarkan

Mendengarkan orang lain berbicara merupakan salah satu bagian penting untuk meningkatkan skill komunikasi Anda sebagai leader dan sales representatif. Mengapa demikian? Komunikasi penjualan merupakan komunikasi yang mengharuskan Anda untuk lebih banyak menjawab pertanyaan seputar produk dari prospek dan menjawab kebutuhan yang diharapkan oleh prospek-prospek Anda. Jika Anda lebih banyak berbicara, itu artinya tidak ada komunikasi yang baik. Oleh karena itu, perbanyak mendengarkan pertanyaan dari prospek dan siapkan jawaban yang tepat akan lebih membuka peluang Anda dalam menciptakan penjualan.

2. Belajar menguasai komunikasi non-verbal

Komunikasi verbal lebih mudah dimenerti oleh salesperson ketika berhadapan dengan pelanggan. Tetapi, bagaimana cara salesperson dan leader menghadapi komunikasi non-verbal dari prospek? Oleh karena itu, perkuat bahasa non-verbal atau bahasa tubuh dari prospek. Apa saja yang menunjukkan minat, penolakan dan penerimaan dari gerak-gerik tubuh prospek.

3. Siapa lawan bicara Anda

Kenali, Anda saat ini sedang berbicara dengan siapa? Apakah hanya perwakilan perusahaan biasa atau sedang menghadapi pengambil keputusan? Jika Anda tidak mengetahui siapa yang Anda ajak bicara, tentu Anda akan menganggap menggunakan bahasa seperti apa pun akan menghasilkan hal yang sama. Padahal, penilaian dari masing-masing lawan bicara Anda dapat dimulai dari cara Anda berkomunikasi dengan mereka.

4. Minta feedback dari pimpinan

Beranikan diri untuk meminta feedback dari pimpinan Anda. Jika Anda sales representatif, bertanyalah pada sales leader bagaimana kualitas skill komunikasi Anda saat ini dan cari tahu apa saja yang kurang menurut leader Anda. Jika Anda sales leader, jangan pernah ragu untuk meminta masukan dari atasan-atasan Anda. Jangan takut posisi Anda terancam, karena bertanya dan meminta masukan jauh lebih baik daripada Anda diam tanpa mengetahui apa saja kelemahan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK