Return to site

CRM dan Aksesbilitasnya Yang Fleksibel Untuk Membantu Sales

· CRM Di Indonesia,CRM Indonesia

CRM merupakan aplikasi untuk mendorong efektivitas dan produktivitas tim sales. Aksesbilitasya yang sangat fleksibel yang dapat dibuka melalui gadget baik itu PC maupun smartphone membuat salesperson memiliki kesempatan yang lebih besar dalam memaksimalkan pekerjaan. Dari sini, produktivitas dari sales akan mengalami peningkatan. Selanjutnya, jika kita kembali pada suatu proses, dengan sistem CRM ini tim sales dapat bekerja dengan lebih singkat dengan memfokuskan pada kualitas dari prospek dan lead daripada hanya mengejar nilai yang belum tentu bisa didapatkan oleh sales dalam waktu dekat.

Ketika tim sales dapat bekerja dengan model yang lebih sederhana, maka apa yang dilakukan oleh salesperson menjadi lebih baik dibandingkan proses-proses sebelumnya. Memang, dalam menggunakan sistem CRM ini awalnya akan membutuhkan waktu dalam belajar. Tetapi, sistem CRM tak ubahnya dalam menggunakan social media di mana semua sudah ada petunjuk pada masing-masing halaman. Satu masalah serius yang bisa dihadapi oleh perusahaan ketika menggunakan sistem CRM adalah ketika tim sales tidak memanfaatkan sistem ini dengan benar.

Dukungan tim sales untuk menggunakan sistem ini harus dibarengi dengan kesiapan leader dan pemahaman leader dalam mengawasi tim untuk selalu menggunakan sistem. Karena, meskipun sistem CRM menawarkan aksesbilitas yang fleksibel, banyak tim sales yang enggan memaksimalkan penggunaannya dengan berbagai macam alasan. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, maka tim sales dan perusahaan tidak akan bisa meningkatkan penjualan seperti yang diharapkan.

Sistem CRM bukanlah robot yang bisa beroperasi secara otomatis sepenuhnya. Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh tim sales ketika menggunakan sistem CRM. Apabila tim sales tidak menggunakan sistem ini dengan benar, maka tidak ada kesempatan bagi mereka untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang dapat membuahkan loyalitas dan penjualan secara berkelanjutan. Apabila Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan sistem CRM, maka manfaatkan hal tersebut sebaik mungkin dengan bekal kemudahan dalam mengakses, menggunakan dan memperbarui data pada sistem. Selanjutnya Anda akan merasakan manfaat yang sangat besar dari hasil usaha Anda ketika menggunakan sistem CRM dengan benar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK