Return to site

CRM Indonesia 101: 5 Manfaat Utama Dari Implementasi CRM Untuk Bisnis Anda

· CRM di Jakarta,CRM Software,CRM Di Indonesia

Software CRM adalah platform yang menguntungkan sales dan pelanggan. Bisnis mendapatkan alat yang membantu mereka meningkatkan kualitas hubungan yang langgeng, bermakna, dan menguntungkan dengan pelanggan. Sedangkan dari sisi pelanggan, mereka mendapatkan pengalaman yang dipersonalisasi dan perlakuan yang lebih baik dari perusahaan. Manfaat CRM membentang di seluruh siklus penjualan, mulai dari mengidentifikasi prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan setia, hingga membuat mereka puas dan kembali melakukan pembelian di kesempatan lain. Manfaat utama dari solusi CRM adalah membantu Anda mengelola hubungan Anda dengan pelanggan dengan lebih baik. Tentu, ini membantu Anda mengelola hubungan tersebut dengan berbagai cara. Tetapi pada akhirnya, semua manfaat hanyalah cara lain untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Berikut adalah berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan dengan implementasi CRM

1. Sentralisasi Data Pelanggan

Salah satu manfaat utama CRM adalah menempatkan semua informasi pelanggan Anda di satu tempat, di mana semua pemangku kepentingan dapat melihatnya. Basis data terpusat yang terdiri dari semua yang Anda ketahui tentang pelanggan mendukung semua hal yang dapat Anda lakukan dengan platform CRM, seperti mengotomatiskan tugas dan memahami perilaku pelanggan.

2. Identifikasi dan Konversi Lebih Banyak Prospek

Anda mencoba menarik perhatian orang dengan iklan di media sosial. Anda memulai sebuah blog. Terkadang, Anda bahkan melakukannya dengan cara kuno dan mendirikan stan di pameran. Tapi begitu Anda mendapatkan perhatian mereka, lalu apa? Apakah Anda tahu jika Anda memiliki perhatian mereka? Jika Anda memiliki CRM, Anda akan mendapatkan wawasan ini. Satu lagi dari banyak manfaat CRM adalah kerangka kerja di mana Anda dapat mengoptimalkan saluran prospek Anda.

3. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Biaya untuk memenangkan pelanggan baru adalah 5-25 kali lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Jadi menjaga pelanggan yang sudah ada adalah kunci kesuksesan jangka panjang perusahaan. CRM yang berfokus pada pemasaran membantu bisnis mencapai ini dalam beberapa cara. Karena data pelanggan dibagikan di seluruh departemen, lebih mudah untuk mengantisipasi masalah dan menyelesaikannya lebih cepat. CRM juga dapat mencegah pelanggan pergi karena kelalaian, dengan mendorong tenaga penjualan untuk melakukan kontak, atau dengan sering mengirim email kepada pelanggan secara otomatis.

4. Buat Keputusan Cerdas Berdasarkan Data

Banyak platform CRM menawarkan alat analisis data yang memungkinkan bisnis membuka wawasan yang tidak terlihat atau terlewatkan dari perhatian tim. Anda dapat mengukur apa saja mulai dari sentimen pelanggan dan apakah Anda memenuhi harapan mereka, hingga kinerja tim penjualan Anda, atau seberapa baik kampanye pemasaran yang dilakukan.

5. Otomatiskan Hal-Hal yang Membosankan

Solusi CRM membebaskan anggota tim dari tugas yang memakan waktu dan rawan kesalahan. Misalnya, seorang profesional pemasaran dapat mengirim 1.000 email yang dipersonalisasi tentang penjualan yang dimulai dalam beberapa jam kepada pelanggan berdasarkan lokasi mereka. Ini juga dapat membantu memenuhi syarat prospek sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan sebelum mereka melupakan Anda. Departemen penjualan dapat mengotomatiskan sales representatif mana yang ditugaskan untuk prospek baru, atau untuk mengelola tiket layanan agar dapat memenuhi permintaan atau mengetahui minatnya.