Return to site

CRM Indonesia 101: Cara Menggunakan CRM Untuk Mengenal Pelanggan Anda Lebih Baik

· CRM di Jakarta,CRM,CRM Di Indonesia

Dalam bisnis, hal yang paling penting adalah memiliki pelanggan. Tanpa konsumen, sebuah bisnis pada akhirnya akan gagal. Bahkan jika sebuah bisnis berhasil mendapatkan cukup banyak pelanggan, tetap saja tidak berhasil. Mengapa? Karena rahasia sukses dalam sebuah bisnis terletak pada kepuasan pelanggan dan manajemen pelanggan. Jika Anda ingin bisnis Anda sukses, maka pertama-tama Anda harus mengetahui pelanggan Anda dan kebutuhan mereka. Tapi pertanyaannya adalah, bagaimana Anda bisa mengenal pelanggan Anda lebih baik? Di sinilah CRM membantu Anda.

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). Kita dapat menyebut CRM sebagai serangkaian teknik, alat dan strategi yang digunakan oleh pemilik bisnis yang berbeda untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Tetapi untuk mengenal pelanggan Anda, ada banyak hal dalam CRM dan tekniknya.

1. Buat Profil Pembeli dengan Menggunakan sistem CRM

Pertama-tama, buat profil pembeli dengan memanfaatkan sistem CRM Anda. Membuat profil pembeli untuk konsumen Anda membantu Anda memahami mereka dengan cara yang lebih baik. Sistem CRM mengumpulkan data penting dari konsumen melalui berbagai sumber. Dengan berlalunya waktu, Anda dapat menggunakan data mereka untuk menentukan apakah mereka tertarik dengan produk Anda atau tidak.

2. Identifikasi Audiens Ideal Anda

Daripada membuang waktu untuk konsumen yang tidak tertarik dengan produk Anda, mengapa Anda tidak mulai mencari pembeli potensial? Dengan sistem CRM, Anda dapat dengan mudah menentukan pelanggan ideal yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda jual. Pendekatan terbaik untuk mengenal pelanggan adalah dengan menggunakan survei. Untuk survei, buatlah serangkaian pertanyaan yang dapat digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang konsumen Anda. Buat pertanyaan tetap menarik dan mudah dipahami untuk membangun minat pembeli.

3. Tentukan Masalah yang Dihadapi Pelanggan Anda

Dengan sistem CRM, Anda dapat dengan mudah memantau riwayat pembelian, minat dan hampir semua hal tentang pelanggan Anda. Identifikasi data mereka dan lakukan analisis lengkap untuk melihat masalah yang dihadapi konsumen ideal Anda. Setelah mengidentifikasi masalah mereka, siapkan solusi untuk mereka (bisa berupa produk atau layanan). Dengan cara ini, Anda memberikan nilai kepada konsumen yang pada akhirnya akan memperkuat kehadiran perusahaan Anda.

4. Temukan Pola Pembelian Pelanggan Anda

Sekarang setelah Anda memahami masalah yang dihadapi konsumen Anda, hal berikutnya adalah menganalisis waktu yang tepat untuk menawarkan produk Anda. Sebagian besar waktu, ketika Anda menawarkan produk atau layanan, pembeli merasa terganggu. Karena itulah Anda harus melakukan analisis yang mendetail untuk mengetahui pola pembelian pelanggan Anda. Dengan sistem CRM Anda dapat melihat pola pembelian pelanggan Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mengidentifikasi kapan waktu yang tepat untuk menawarkan produk dan layanan Anda. Jujur saja, berurusan dengan pelanggan yang tidak puas bukanlah tugas yang mudah. Jadi, sebelum Anda melakukan sesuatu pastikan untuk mengetahui pola pembelian pembeli Anda.