Return to site

CRM Sebagai Aset Berharga Untuk Bisnis Di Indonesia

Pentingnya menyimpan data pelanggan dengan CRM untuk bisnis di Indonesia

CRM Sebagai Aset Paling Berharga Untuk Bisnis Anda Di Indonesia

Tak bisa dipungkiri, hingga saat ini masih banyak perusahaan yang masih menerapkan CRM secara tradisional dengan menyimpan data pelanggan maupun prospek pada spreadsheet. Mungkin cara ini memang sangat sederhana, tapi cara ini tidak lagi efektif untuk menyimpan data yang lebih kompleks.

Spreadsheet mungkin bisa diterapkan jika hanya menyimpan data pelanggan berupa nama, alamat, nama perusahaan, nomor telepon dan alamat email. Tapi, untuk proses selama pendekatan dan negosiasi yang dilakukan oleh tim sales tidak dapat dilakukan dengan cepat sebelum melakukan tahap-tahap yang lebih panjang. Seperti mengirim email ke kantor dan diproses oleh staf kantor. Atau menunggu tim sales kembali ke kantor untuk mengupdate data.

Di Indonesia, kita tahu banyak sekali tantangan eksternal yang dapat menghambat perusahaan mendapatkan laporan lebih cepat. Terlebih lagi bagi perusahaan yang memiliki anggota tim sales dan marketing yang mencapai puluhan atau hingga ratusan.

Itulah mengapa kami menyebutkan bahwa CRM adalah merupakan aset yang paling berharga untuk bisnis di Indonesia. Dengan CRM, faktor eksternal yang menghalangi tim sales dapat diatasi dengan cepat. Berikut adalah beberapa manfaat mengapa perlu menerapkan CRM di Indonesia:

1. Menyimpan data leads dan kontak pelanggan lama dalam satu tempat

Leads dan pelanggan lama biasanya memerlukan tempat berbeda untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan komunikasi. Dapat Anda bayangkan, bagaimana jika Anda memiliki 100 leads dan 1000 pelanggan lama. Selain menyimpan data, CRM dapat mengkategorikan masing-masing data pelanggan sesuai kelompok bisnis Anda. Mulai dari kategori data pelanggan aktif, pelanggan tidak aktif, rekan bisnis potensial, supplier dan lain sebagainya.

2. Menentukan peluang

Seperti yang sering kami sebutkan pada artikel lain, bahwa meskipun belum ada kesepakatan dengan pelanggan saat ini, bukan berarti peluang sudah tidak ada sama sekali. Dengan tetap menjaga data prospek yang lalu, Anda masih dapat melihat peluang jika di beberapa tahun yang akan datang prospek Anda ini kembali kepada Anda. Anda pun hanya perlu melihat data tersebut, untuk melanjutkan proses negosiasi baru.

3. Menelusuri semua interaksi dengan pelanggan dari manapun

Dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau, akan sangat merepotkan jika Anda harus mengirim dokumen secara tradisional atau dengan menerapkan cara lama yakni melalui email. Anda tidak dapat menelusuri proses interaksi dengan pelanggan dengan cepat jika masih mengandalkan cara tersebut. Dengan Cloud Based CRM, perusahaan dapat dengan mudah berbagi informasi yang berkaitan dengan interaksi tim sales dengan prospek maupun pelanggan. Cloud Based CRM dapat diakses di seluruh Indonesia dan update data secara real time selama berada di zona terhubung internet.

Jadi, dari 3 hal tersebut, Anda mungkin sudah paham betul mengapa Anda harus mengimplementasikan CRM untuk bisnis Anda di Indonesia. Pelanggan adalah jantung bisnis Anda, jika Anda tidak menjaga hubungan dengan pelanggan Anda, maka bagaimana bisa Anda memiliki pelanggan yang loyal yang dapat meningkatkan keuntungan untuk bisnis Anda?

Ilustrasi (c) Unsplash.com