Return to site

Data Berkualitas Yang Menjadi Dasar Optimasi CRM Dalam Penjualan

· CRM Di Indonesia,CRM Indonesia

Data yang berkualitas pada sistem CRM untuk mengoptimalkan penjualan berawal dari bagaimana Anda dan tim sales menyimpan data tersebut. Digitalisasi data pada sistem CRM tidak ubahnya Anda menyimpan data pada metode tradisional yang digunakan pada era pra-digital. Ketika berbicara tentang data, tentu baik data tradisional maupun data digital tidak boleh diberikan dengan cara yang sembarangan. Anda tidak bisa mendapatkan pelanggan yang berkualitas jika tidak memiliki data yang berkualitas pula. Maka dari itu, baik penyimpanan data tradisional maupun penyimpanan data digital harus selalu mengutamakan kualitasnya daripada kuantitas.

Dalam optimasis crm untuk penjualan, kualitas data akan menjadi dasar keberhasilan implementasi sistem ini. Karena, akurasi pengolaan data pada sistem diawali dari keseriusan tim Anda untuk menggunakan sistem atau software ini. Tidak ada yang bisa Anda lakukan, apabila sistem ini tidak disertai dengan kualitas data.  Di sini, peran leader sangat central untuk mencegah tim menyimpan data yang tidak berkualitas ke dalam sistem CRM.

Leader harus selalu mendorong tim untuk menyimpan data dari waktu ke waktu yang diperlukan. Anda bisa saja menyimpan semua hasil pembicaraan dengan prospek pada sistem CRM. Tetapi, jika kebanyakan data tersebut hanya merupakan data-data yang tidak memiliki kualitas, bagaimana cara Anda menyiapkan strategi demi mencapai hubungan yang baik dengan pelanggan agar dapat mendukung penjualan yang berkelanjutan dari mereka?

Selain untuk keperluan dalam menciptakan penjualan dari pelanggan lama, Anda juga membutuhkan penjualan baru dari pelanggan baru. Data pada CRM yang di simpan oleh tim Anda memiliki peran untuk memudahkan Anda dalam memilih dan menentukan produk maupun layanan yang tepat untuk ditawarakan kepada pelanggan. Ketika ada kecocokan antara produk dengan solusi maka pelanggan akan lebih cepat pula untuk memutuskan menggunakan produk Anda dan melakukan pembelian. Dari proses seperti ini, Anda dapat mempercepat prosesnya dengan efisiensi menggunakan sistem CRM. Apa jadinya jika ternyara sistem CRM hanya memuat data yang tidak berkualitas? Proses untuk mencapai penjualan akan lebih memakan waktu. Selain rugi tenaga Anda tentu akan rugi biaya dan kesempatan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com