Return to site

Data Pelanggan & Pengaruhnya Terhadap Bisnis Anda

· CRM Di Indonesia,CRM,Tips Sales

Strategi bisnis yang mengutamakan produk sebagai nilai jual sudah tidak seefisien beberapa dekade lalu. Karena, prioritas strategi bisnis saat ini bertumpu pada pelanggan. Di mana perusahaan memberdayakan pelanggan-pelanggan yang mereka miliki untuk membentuk strategi bisnis. Namun, metode/strategi ini tentu membutuhkan data yang sangat kompleks. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki wawasan yang lebih luas terkait pelanggan-pelanggannya guna mengembangkan dan menavigasi strategi bisnis dengan menggunakan data pelanggan.

 

Ketika perusahaan mampu meningkatkan kualitas data untuk menemukan strategi yang berbasis pada data dan pelanggan, pertumbuhan perusahaan pun dapat mengalami percepatan. Artinya, leader maupun pemimpin perusahaan harus mulai membuka diri untuk memfokuskan tim dalam memperbaiki kualitas data, terlebih lagi data-data yang berhubungan dengan pelanggan untuk menemukan strategi yang tepat untuk pemasaran maupun penjualan.

 

Dengan menggunakan data pelanggan, perusahaan dapat mengatur segmentasi untuk pemasaran maupun penjualan dengan lebih akurat. Hal ini pun akan meningkatkan peluang menghasilkan penjualan. Jika, perusahaan tidak memperhatikan data, tentu segmentasi yang dilakukan hanyalah berdasar keputusan secara acak. Sehingga hasil segmentasi yang dilakukan menjadi tidak maksimal diikuti dengan peluang penjualan yang sangat kecil.

 

Tidak semua perusahaan mampu menjadikan pelanggan sebagai bagian penting untuk memperbaiki solusi dari produk. Jika perusahaan Anda mengharapkan penjualan yang lebih baik, tentu solusi yang Anda tawarkan kepada pelanggan harus lebih baik daripada yang ditawarkan kompetitor. Di sinilah peran data yang akan mengarahkan Anda untuk menciptakan produk dan solusi yang sesuai  kenutuhan dari pelanggan-pelanggan Anda dengan melibatkan mereka melalui saran maupun kritik.

 

Tim pemasaran juga dapat menciptakan pesan maupun konten pemasaran yang baik dengan menentukan target yang sesuai berdasarkan data. Hal ini tentu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan lead berkualitas untuk tim sales.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK