Return to site

Efisiensi Perusahaan Baru Dengan Menggunakan CRM

· CRM Software,CRM Indonesia

Banyak peluang hilang ketika hubungan penjualan dan pelanggan tidak dikelola secara efisien. CRM membantu dalam menjaga keseimbangan antara perusahaan dan pelanggan. CRM dapat membuat Anda mendapat informasi di semua tahap siklus penjualan dan membantu Anda memantau kemajuan setiap kesepakatan penjualan dalam setiap proses yang dijalankan. Mari kita lihat apa yang dapat dilakukan CRM dan mengapa itu penting untuk bisnis baru yang Anda jalankan berikut ini:

1. Meningkatkan sentrisitas (pemusatan) pelanggan

Sentrisitas pelanggan sangat penting untuk menguatkan bisnis. Pelanggan harus menjadi titik pusat di mana semua proses yang terkait dengan bisnis Anda harus berjalan. Pelanggan ingin berurusan dengan bisnis yang memahami mereka dan persyaratan bisnis unik yang mereka dapatkan. Jadi, Anda perlu melangkah ke posisi pelanggan dan memiliki pendekatan yang berpusat pada pelanggan.

CRM mendukung pendekatan yang berpusat pada pelanggan dan membantu dalam memberikan pengalaman yang diingat dan diberitahukan oleh pelanggan kepada orang lain. Ini membantu dalam memantau seluruh proses pelanggan untuk memberikan pengalaman pembelian terbaik di kelasnya. Ini membantu dalam mempersonalisasi setiap interaksi untuk memastikan calon pembeli bahwa Anda ada di sini untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka. Anda dapat dengan mudah melihat seluruh riwayat komunikasi dalam satu pandangan. Email, catatan, interaksi dan janji meeting dengan prospek/pelanggan. Semuanya disederhanakan pada satu antarmuka. CRM memungkinkan Anda mengatur pengingat untuk menjangkau pelanggan secara real-time.

2. Manajemen produk yang lebih baik

Semakin banyak produk semakin besar kompleksitasnya. Banyak waktu yang terbuang dalam menelusuri berbagai sumber untuk mencari dan mengumpulkan detail produk. Bukankah lebih baik jika Anda menggunakan waktu ini untuk memaksimalkan penawaran Anda?

CRM memberi Anda pandangan terpadu tentang semua yang Anda jual. Anda dapat menambahkan beberapa produk dan layanan ke transaksi di CRM dan mengelolanya secara efisien dalam satu tempat. Ini memungkinkan Anda untuk mendeskripsikan produk Anda, menambahkan gambar dan menetapkan harga untuk memudahkan penjualan Anda. CRM membantu dalam mencari tahu produk mana yang menarik perhatian pelanggan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memantau dan memelihara catatan setiap produk. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam mencari detail spesifik apa pun.

3. Dukungan pelanggan yang ditingkatkan

Dukungan pelanggan selama dan setelah penjualan memainkan peran penting dalam menentukan pengalaman pelanggan dengan bisnis Anda. Semakin cepat Anda membalas pelanggan, semakin baik kesan yang dapat Anda buat terhadap mereka. Namun, sebagian besar waktu karena banyaknya tugas yang harus ditangani sales representatif dan dukungan pelanggan, mereka tidak dapat menjawab tepat waktu. Penundaan ini menyebabkan pecahnya hubungan bisnis-pelanggan. Dengan kotak masuk tim bersama dari CRM, hal tersebut dapat dihindari. Tim Anda dapat berkolaborasi dan memberikan respons yang lebih cepat kepada pelanggan. Seluruh komunikasi disederhanakan di satu tempat di kotak masuk tim bersama. Jadi, setiap anggota tim dapat merujuk dan membantu dan melayani pelanggan jika anggota lainnya sedang sibuk.

4. Peningkatan produktivitas dengan lingkungan yang lebih terorganisir

Seorang sales representatif melakukan banyak aktivitas setiap hari untuk melibatkan dan membina pelanggan. Seperti mengirim buletin atau pengingat untuk pertemuan yang akan datang. Tugas sehari-hari seperti itu dapat diotomatiskan dalam perangkat lunak CRM. Anda hanya perlu menyetel beberapa pengaturan yang telah ditetapkan untuk melakukan tugas secara otomatis melalui sistem.

Ini adalah cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan juga tanpa mengkhawatirkan kesalahan. Anda bahkan tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari informasi tentang prospek dalam satu tempat yang dapat diperbarui secara manual di awal dan akan bekerja otomatis setelahnya untuk keperluan kontak yang dibutuhkan.

5. Hubungan sales representatif dan pelanggan yang lebih baik

Anda dapat mengetahui bagaimana sales representatif dan pelanggan berkomunikasi melalui sistem CRM. CRM modern didukung dengan sistem telepon virtual built-in yang memungkinkan Anda merekam semua panggilan penjualan atau merekam email masuk yang diterima dan dikirimkan oleh tim sales.

Anda dapat mendengarkan panggilan yang direkam untuk memberikan umpan balik kepada sales representatif untuk meningkatkan hubungan mereka dengan pelanggan. Panggilan yang direkam juga dapat digunakan untuk melatih sales representatif baru untuk memahami budaya bisnis Anda dan pesan yang perlu disampaikan. Selain itu, Anda juga dapat memantau metrik kinerja tim sales dan menyoroti area yang sedang mengalami peningkatan atau yang harus ditingkatkan.

Dari lima poin di atas, sudah cukup jelas bahwa perusahaan baru perlu memulai implementasi sistem CRM dari awal. Karena dengan implementasi inilah perusahaan dapat meminimalisir potensi kompleksitas data yang dapat terjadi di masa depan. Sales1 merupakan sistem CRM yang dapat membantu Anda untuk melakukan semua ini sejak dini. Dapatkan manfaat lebih untuk bisnis dan tim Anda untuk memiliki pelanggan yang loyal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com