Return to site

Google Menambahkan Layanan Q&A Pada Google Search dan Google Maps

Q&A Google resmi beroperasi!

Kabar baik datang dari raksasa internet dunia Google, yang secara resmi mengumumkan akan menambah layanan Tanya & Jawab (Q&A) pada salah satu produknya yakni Google Search dan Google Maps. Layanan ini tentu akan sangat bermanfaat untuk semua pengguna Google baik melalui website maupun melalui perangkat smartphone.

 

Dalam keterangan resminya, Google mengumumkan bahwa bagi pengguna yang ingin meminta atau menjawab pertanyaan, pengguna cukup mencari lokasi-lokasi pada Google Maps maupun pada Google Search. Selanjutnya, pengguna dapat mengarahkan pencariannya pada daftar bisnis lokal.

 

Dari sisi pelaku bisnis, tentu ini akan menjadi keuntungan yang luar biasa. Sebelumnya, Google telah memberikan layanan pemberian ulasan untuk bisnis lokal maupun untuk lokasi-lokasi wisata. Dengan layanan ini pun, sebenarnya sudah cukup membantu pelaku bisnis. Karena, review yang diterima oleh perusahaan dari pelanggan-pelanggannya pada fitur tersebut akan memberikan efek yang sangat positif untuk pertumbuhan perusahaan.

 

Dengan hadirnya layanan Q&A ini pula perusahaan dapat dengan mudah untuk terhubung dengan pelanggan. Tak hanya itu saja, layanan yang dapat dilihat oleh seluruh pengguna ini pun akan membuat  prospek lebih mudah dalam mencari informasi tentang perusahaan dan proses penjualannya.

 

“Untuk memastikan bahwa “pertanyaan dan jawaban” tentang info lokal yang paling akurat dan bernmanfaat, pemilik bisnis juga dapat menambahkan pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan. Selain itu, ketika Anda (pengguna) mengajukan pertanyaan tentang sebuah tempat, kami akan memberi tahu pemilik bisnis dan pengguna lainnya untuk memberikan jawaban dari pengetahuan yang lebih luas untuk ikut memberikan kontribusi. Apabila pertanyaan Anda mendapat jawaban, kami juga akan memberi tahu Anda” tulis Google.

 

Dilihat dari informasi tersebut, sudah sangat jelas bahwa para pengguna Google Maps dan Google Search akan sangat terbantu dengan layanan ini. Sedangkan untuk kepentingan bisnis, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan layanan ini untuk kemudahan berinteraksi dengan pelanggan serta untuk dimanfaatkan sebagai tempat marketing gratis.

 

Sayangnya, layanan ini hanya dapat diakses oleh para pengguna Google Maps maupun Google Search versi mobile. Belum ada informasi lebih lanjut dari Google apakah nantinya layanan ini juga akan tersedia untuk versi website. Patut kita ikuti perkembangannya.

Ilustrasi (c) Flickr.com CC /Bfishadow