Return to site

Gunakan Software CRM Anda Dengan Benar!

· CRM

Software CRM (Manajemen hubungan pelanggan) sangat penting untuk setiap departemen diperusahaan mulai dari pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Software CRM  memungkinkan Anda untuk menyimpan informasi pelanggan dan mencatat interaksi mereka dengan bisnis Anda. Jika Anda baru mengenal konsep CRM, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu Anda memaksimalkannya.

1. Selalu perbarui informasi pelanggan

Sistem CRM hanya efektif jika data yang diberikannya terkini. Jika alamat pelanggan, nama perusahaan, atau metode kontak pilihan telah berubah, tim harus segera mencatat informasi ini sehingga tim penjualan dan pemasaran Anda selalu dilengkapi dengan informasi yang benar.

2. Gunakan riwayat pembelian untuk peluang upselling

Lebih mudah menjual ke pelanggan yang sudah ada daripada mereka yang baru akan melakukan pembelian pertama kali. Tingkatkan kinerja penjualan Anda dengan menganalisis riwayat pembelian pelanggan Anda yang ada dan merancang promosi atau event yang dirancang khusus untuk mereka. Misalnya, jika mereka baru saja membeli pisau cukur dari toko online Anda, Anda dapat memprogram CRM untuk merekomendasikan produk terkait seperti krim cukur atau aftershave. Ini tidak hanya menambah margin keuntungan Anda, tetapi juga membuat pelanggan jauh lebih mudah dan mempromosikan bisnis yang berulang.

3. Mengotomatiskan proses

Manfaatkan fitur otomatisasi alur kerja di aplikasi CRM untuk menghilangkan tugas yang memakan waktu dan berulang. Misalnya, ketika prospek baru ditambahkan ke CRM Anda (melalui langganan buletin atau kunjungan situs web), CRM dapat diprogram untuk mengirim email tindak lanjut, menawarkan promosi, dan interaksi lainnya agar bisnis Anda tetap menjadi yang terdepan dalam memberikan perhatian kepada mereka. Ini mengindarkan Anda dari menulis tanggapan terekam yang sama sambil juga memastikan bahwa Anda melibatkan pelanggan Anda di seluruh proses penjualan.

4. Belajar dari analitik

CRM juga memungkinkan Anda untuk menganalisis tren dan perilaku pelanggan. Jika Anda melihat lonjakan permintaan untuk produk dan layanan tertentu selama liburan, lebih agresif dalam mendorong mereka kembali melakukan pembelian tahun depan. Jika kampanye email tertentu lebih berhasil daripada yang lain (misal, rasio buka yang lebih tinggi, rasio klik-tayang, dan pelanggan potensial), pahami elemen apa yang bertanggung jawab atas kesuksesan itu dan cobalah untuk menirunya saat Anda mengirim bulletin berikutnya.

Data pelanggan juga harus digunakan untuk membentuk taktik penjualan dan pemasaran. Tim sales yang sudah mengetahui nama, lokasi, dan preferensi pelanggan dapat memberikan lebih banyak promosi penjualan pribadi dan memiliki peluang lebih baik untuk menutup kesepakatan. Intinya adalah, jika Anda tidak belajar dari data, pertumbuhan bisnis Anda akan terbatas.

5. Integrasikan CRM dengan perangkat lunak bisnis lainnya

Menghubungkan dan mengintegrasikan perangkat lunak CRM ke software lain membuatnya lebih maksimal. Integrasi dengan software akuntansi, menggabungkan data pelanggan dan keuangan, menghilangkan entri data manual yang berlebihan dan memberikan laporan yang lebih berwawasan. Saat digunakan bersama sistem VoIP, staf Anda akan mendapatkan informasi pelanggan yang relevan dari beberapa basis data yang ditampilkan di satu layar saat mereka akan melakukan panggilan.