Return to site

Hal Sederhana Yang Penting Untuk Dilakukan Salesperson

· Sales Training

Anda tentu pernah mengalami atau bahkan sering merasa kehilangan semangat dalam bekerja. Apalagi ketika Anda gagal mencapai penjualan ketika Anda sudah yakin prospek akan melakukan pembelian. Hal ini tentunya menjadi tanyangan yang harus dihadapi oleh salesperson. Mau senang ataupun susah, proses dalam penjualan akan selalu memakan waktu dan tenaga yang juga akan berdampak pada emosi salesperson. Beruntungnya, meskipun Anda sering merasa sulit untuk mencapai penjualan, selalu ada cara untuk mematahkan hal tersebut agar Anda dapat memperbaiki penjualan dan menjadi salesperson yang lebih sukses untuk menghasilkan penjualan. Apa saja hal yang harus dilakukan?

1. Kehadiran sales leader untuk tim sales dan marketing

Kehadiran leader akan selalu ditunggu oleh tim sales agar ia dapat menemukan solusi apabila tidak menghasilkan penjualan yang baik. Jika Anda sedang mengalami kesulitan, maka ajaklah tim sales untuk bertukar pikiran. Jika dari seluruh tim sales masih belum menemukan solusi, cobalah untuk berkonsultasi dengan sales leader di perusahaan Anda. Sales leader adalah orang yang dipercaya untuk mengembangkan kemampuan Anda, jadi jangan ragu untuk meminta masukan darinya.

2. Memiliki strategi dan sistem penjualan yang terupdate

Sistem dan strategi penjualan tidak dapat Anda gunakan seterusnya. Ada kalanya Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki sistem dan proses penjualan yang diperbarui sehingga setiap orang di tim Anda dibekali dengan keterampilan yang memadai untuk berhasil. Kuncinya adalah mempraktikkannya setiap hari. Jika Anda ingin menyegarkan diri dan tim Anda, penting untuk memperbarui hard skill dan soft skill Anda dengan mempelajari strategi dan keterampilan penjualan baru yang dapat menghasilkan efisiensi dan produktivitas penjualan.

3. Yakinlah bahwa Anda dibutuhkan

Kritik yang diberikan oleh sales leader adalah salah satu upaya untuk mengingatkan kinerja Anda sedang tidak baik. Namun, bukan berarti apa yang diberikan leader adalah bentuk kebencian dan ketidaksukaannya kepada Anda. Ingatlah bahwa Anda adalah yang berperan penting untuk pertumbuhan perusahaan. Selalu menerima kritikan dengan perilaku yang positif akan selalu memberi energi dan memotivasi Anda untuk bekerja lebih baik. Dengan keyakinan bahwa Anda akan dibutuhkan, maka Anda dapat memperbaiki kinerja Anda di depan sales leader dan tentunya dapat menciptakan penjualan yang lebih baik dengan memperbaiki apa yang sudah dikritik oleh leader.

Ilustrasi (c) Unsplash.com