Return to site

Ini Cara Untuk Menggunakan CRM Dengan Tepat

· Tips Bisnis

CRM tidak harus sulit untuk dipahami. Sebenarnya, berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat alat ini bekerja untuk Anda dan tim penjualan Anda.

 

1. Miliki rencana untuk proses penjualan Anda

Alat CRM hanya sebaik data yang Anda masukkan ke dalamnya. Jika proses penjualan Anda tidak sesuai dengan alur kerja CRM, mungkin karena Anda belum sepenuhnya memikirkannya. Mengintegrasikan proses Anda akan memungkinkan Anda untuk benar-benar bekerja dengan software dengan tepat.

 

2. Bekerja dengan seseorang yang akan membantu Anda mempelajari software

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, banyak orang kurang pelatihan tentang cara menggunakan CRM. Mereka harus bermain-main sampai mereka mendapatkan alur kerja yang mereka inginkan, dan bahkan kemudian, mereka tidak menyadari potensi maksimal dari perangkat lunak. Itu biasanya karena proses implementasi yang lemah.

 

3. Integrasikan CRM dengan perangkat lunak lain yang Anda gunakan secara teratur

Ada banyak aplikasi/platform CRM yang dapat Anda temukan, namun tidak semuanya bisa terintegrasi dengan alat lainnya. Pilihlah platform CRM yang mudah diintegrasikan dengan platform lainnya, karena ini akan memudahkan Anda untuk mencari informasi lintas platform ketika dibutuhkan.

 

4. Bersihkan spreadsheet Anda

Spreadsheet bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengatasi masalah tertentu dengan pekerjaan yang Anda lakukan, tetapi alat ini juga bisa membuat Anda sulit untuk bekerja. Spreadsheet juga sering dipenuhi dengan kesalahan dalam memasukkan data. CRM menangani banyak entri data dan masalah pencarian yang Anda miliki dengan lembar ini, tetapi hanya jika Anda memiliki data berkualitas tinggi.

 

5. Buat standar untuk entri data

Kembali ke spreadsheet tersebut, Anda mungkin telah memperhatikan pola yang tidak konsisten. Anda mungkin berpikir itu bukan masalah besar, tetapi jika variabilitas itu terbawa ke CRM Anda, Anda akan kesulitan menemukan apa pun yang terkait dengan klien Anda dan Anda tidak akan dapat memberi mereka perhatian yang tepat yang mereka butuhkan.

 

6. Tentukan aturan untuk menulis nama dan informasi lain ke dalam database Anda

Menempatkan nama untuk kontak terdengar seperti tugas sederhana, tetapi ada ruang untuk kesalahan ketika tidak ada konsistensi dalam entri. Jika Anda mencari nama tertentu di database CRM, nama tersebut mungkin tidak muncul jika ditulis dalam format yang hanya dipahami oleh orang yang memasukkan data. Anda akan menemukan banyak duplikat dan catatan yang hilang.