Return to site

Ini Yang Harus Anda Pelajari Sebelum Memasarkan Produk

Persiapkan diri Anda sebelum mulai memasarkan produk yang Anda jual

· Tips Marketing

Marketing bukan hanya tentang memasarkan produk yang Anda miliki. Tetapi, marketing merupakan langkah yang harus Anda kuasai untuk membangun kerajaan bisnis Anda. Marketing merupakan titik awal bagaimana pelanggan percaya kepada Anda. Sebelum Anda mulai memasarkan produk, ada baiknya Anda mempelajari hal-hal berikut ini untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan serta untuk menyiapkan strategi marketing yang sukses.

 

1. Belajar mengubah hal negatif menjadi sebuah peluang

Hal-hal negatif tentu akan datang tanpa peringatan. Anda dituntut untuk bisa menghadapi kondisi tersebut dengan baik. Jangan sampai kondisi negatif menguasai diri Anda yang dapat berujung pada kegagalan marketing Anda. Yang harus Anda lakukan adalah bagaimana Anda bisa merubah kondisi negatif tersebut untuk mencari jalan lain yang dapat meningkatkan peluang Anda. Sebagai contoh, ketika seseorang menganggap produk Anda adalah produk biasa, Anda jangan terjebak dalam kondisi tersebut, tarik orang yang mengatakan produk Anda biasa tersebut untuk mencoba membuktikan bahwa penilaiannya tersebut salah.

 

2. Belajar mengetahui siapa target marketing Anda

Jika Anda beranggapan bahwa dalam marketing adalah hanya untuk memperkenalkan produk/brand Anda, tentu Anda sudah salah. Mengenal produk/brand tidak cukup untuk menciptakan penjualan. Tetapi, yang dapat menciptakan penjualan adalah bagaimana Anda menemukan orang yang tepat dalam melihat produk/brand yang Anda pasarkan tersebut. Belajarlah untuk memahami siapa target audiens, apa yang dibutuhkan dan apa minat mereka. Sehingga Anda dapat menentukan cara yang pasti untuk menjangkau mereka.

 

3. Belajar memasarkan produk dengan cara yang variatif

Bosan, itu merupakan hal pertama kali yang akan dirasakan oleh audiens ketika Anda tidak memiliki metode marketing yang berbeda. Kita sering melihat iklan yang biasa-biasa saja seperti hanya berbicara tentang produk. Ketika kita melihat iklan tersebut, tidak sedikit yang akan menilai “ah, cuma iklan doank yang bisa begitu”. Dari komentar tersebut, audiens seperti sudah tidak terpengaruh lagi iklan yang Anda jalankan.

 

Cobalah dengan metode marketing yang berbeda seperti dengan memanfaatkan emosi audiens. Dengan cara ini audiens akan merasa terlibat dalam situasi yang bisa saja membawa keinginan mereka untuk menggunakan produk Anda. Variasi marketing merupakan kunci agar audiens tertarik dengan produk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com