Return to site

Jadilah Sales Leader Yang Menjauhi Beberapa Hal Ini!

· Leadership

Setiap sales leader tentu menginginkan timnya dapat bekerja dengan efektif. Hanya saja, dalam proses untuk mencapainya sangat sulit dan membutuhkan peran penting dari sales leader. Maka dari itu, Anda harus mulai menjauhi beberapa hal yang dapat menghambat efektivitas tim dalam bekerja berikut ini.

1. Mencegah tim sales untuk maju

Dunia penjualan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Teknologi diciptakan untuk mendorong bisnis dan penjualan agar tim sales dapat selalu bekerja dengan efektif dan produktif. Ketika tim Anda ingin mencapai penjualan yang lebih baik dan memberikan saran yang potensial dengan menggunakan teknologi, maka Anda harus bisa memenuhi hal tersebut sebagai bentuk memajukan dan mengembangkan kemampuannya dalam menjual. Percayalah, bahwa tidak ada kata rugi jika Anda menjadi leader yang baik untuk tim Anda. Karena, tim juga akan bekerja dengan maksimal jika Anda menghargai mereka.

2. Tetap bertahan dengan sesuatu yang sudah jadul

Implementasi teknologi yang sudah dilakukan 20 tahun lalu dianggap masih efektif. Padahal sudah ada banyak teknologi terbaru yang dapat mendukung perusahaan. Buanglah kebiasaan untuk menutup mata terhadap teknologi. Perbarui teknologi yang sudah tidak lagi terpakai dengan teknologi baru. Karena, dari perubahan ini tim Anda dapat menciptakan penjualan yang lebih maksimal. Contoh sederhana, era saat ini penggunaan website yang responsif adalah sebuah keharusan. Sedangkan website Anda masih merupakan website yang dipenuhi flash player dan sudah sangat ketinggalan zaman. Hal ini tentu akan mengurangi minat pengunjung ketika berada dihalaman website Anda.

3. Analisa manual

Analisa memang perlu dilakukan secara langsung atau dalam artian sebagai proses manual. Namun, Anda jangan terus-terusan mengandalkan proses manual untuk keperluan analisa. Saat ini ada sistem CRM yang dapat membantu Anda dalam menganalisa dan menyimpan data pelanggan. Manfaatkan kehadiran sistem ini untuk menghemat waktu Anda dalam menganalisa.

4. Merendahkan tim

Jangan sekali-kali merendahkan kinerja tim Anda. Karena, hasil penjualan yang rendah bukan semata-mata karena tim Anda gagal dalam bekerja. Tetapi, Anda perlu mengoreksi semua hal yang berkaitan dengan proses penjualan dan strategi yang digunakan. Jika memang kesalahan dari tim, Anda tetap tidak memiliki hak untuk merendahkan kinerjanya. Yang benar adalah dengan mengembalikan motivasinya dalam bekerja serta menuntun agar ia dapat menjadi salah satu salesperson Andalan di perusahaan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com