Return to site

Jalan Pintas Tim Sales Yang Harus Dihindari

Tak ada cara yang sangat cepat dalam penjualan!

· Tips Sales

Ingin bekerja cepat membuat banyak orang yang mengambil jalan pintas. Cara ini juga terjadi pada seorang sales yang ingin bekerja cepat dan tidak repot. Padahal, dalam sales itu tidak pernah ada jalan pintas yang bisa dilakukan oleh salesperson.

Apa saja cara pintas yang dilakukan oleh sales? Berikut adalah jalan pintas tersebut dan harus Anda hindari

1. Melakukan riset tentang prospek dengan panggilan

Anda memang ingin mencari tahu lebih banyak tentang prospek, tetapi Anda melakukannya dengan cara melakukan riset prospek saat Anda melakukan panggilan. Anda menanyakan banyak hal kepada prospek melalui telepon tetapi tidak pernah mencari sendiri melalui intenet atau jaringan offline. Ajukan pertanyaan sederhana melalui panggilan telepon dan jangan pernah menjadikan panggilan telepon sebagai ajang mengisi data untuk riset prospek Anda.

2. Menghubungi prospek setiap hari tanpa memperhatikan waktu

Menjaga hubungan bukan berarti Anda menghubungi prospek setiap saat tanpa memperhatikan waktu. Ada saat dimana Anda harus menunda untuk menghubungi prospek untuk memberikan waktu berpikir kepada mereka. Terlalu sering menghubungi prospek, selain mengganggu waktu mereka, juga dapat merusak reputasi Anda.

3. Menyimpan tugas pada ingat dan tidak pada catatan

Banyak sales yang malas mencatat tugas-tugas mereka pada note digital maupun fisik. Mereka hanya mengandalkan ingatan mereka untuk menyimpan tugas yang mereka miliki. Namun, pada akhirnya mereka lupa dan kehilangan peluang. Contoh, ketika Anda memiliki jadwal follow-up dengan prospek Anda hanya mengingat-ingat, pada akhirnya disaat yang sama Anda sedang sibuk hingga akhirnya Anda tidak menghubungi prospek tersebut. Atau pada kasus lain, saat Anda ada meeting untuk closing, karena janjian Anda dengan prospek sudah sebulan, tidak ada catatan yang mengingatkan Anda, akhirnya Anda pun kehilangan peluang tersebut. Akhiri kebiasaan tersebut, dan mulailah untuk memperbaiki cara Anda dalam menyimpan tugas penting Anda pada note digital atau pada buku catatan Anda.

Kunci keberhasilan

Seperti yang kami sebutkan di awal, tidak ada jalan pintas dalam penjualan. Semua pekerjaan, Anda harus mengikuti proses yang baik. Menjaga hubungan dengan cara yang benar, mencari informasi pelanggan dengan benar serta menyimpan semua data pada tempat yang benar. Ingatan manusia memang tidak terbatas, tetapi manusia memiliki kelemahan yakni lupa. Manfaatkan teknologi yang ada untuk menyimpan tugas-tugas Anda agar terhindar dari lupa pada saat harus melaksanakan tugas penting.

Ilustrasi (c) Unsplash.com