Return to site

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menjadi Sales Leader Hebat

Tips untuk menjadi sales leader hebat

Kita pasti sering menemukan kondisi yang membuat tim bekerja tidak optimal disebabkan oleh kesalahan dari leader mereka. Bahkan, dari mereka tidak sadar bahwa kegagalan yang dialami oleh timnya adalah dikarenakan kesalahan mereka sendiri. Kita disini tidak akan membicarakan tentang leader lain, kita akan fokus pada sales leader yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap penjualan perusahaan.

Sebagai seorang sales leader, adalah sebuah kewajiban untuk belajar melihat apa saja kesalahan yang telah Anda lakukan sehingga membuat kinerja tim Anda menurun. Sebagai bahan untuk meminimalisir kesalahan dan untuk berusaha menjadi seorang sales leader yang hebat, berikut kami berikan beberapa kesalahan yang paling umum dan sering dibuat oleh sales leader.

1. Tidak pernah memberikan feedback kepada anggota tim

Satu-satunya cara agar anggota tim Anda mengerti apa saja yang harus mereka perbaiki dalam pekerjaannya adalah dengan mengingatkan mereka serta memberikan feedback kepada mereka. Jangan biarkan mereka seperti dianggap tidak ada oleh leadernya, karena hal tersebut akan semakin menurunkan semangat kerja anggota tim Anda. Terkadang banyak juga sales leader yang membuat alasan kesibukan kepada anggota tim, sehingga ketika anggota tim membutuhkan masukan tidak pernah mendapatkan masukan sama sekali dari leader.

2. Tidak pernah mendampingi anggota tim

Mungkin Anda menilai bahwa tugas yang sudah Anda berikan kepada anggota tim Anda sudah cukup jelas. Sehingga ketika anggota tim sales melakukan pendekatan lanjutan dengan prospek, Anda membiarkan mereka bekerja sendirian. Memang, hal tersebut tidaklah salah, tetapi jangan sampai Anda sama sekali tidak mendampingi anggota tim Anda. Ada kalanya tim Anda membutuhkan Anda untuk meningkatkan kemampuannya baik dari segi penjualan atau dari segi kemampuan lainnya.

3. Tidak memberikan target atau goal yang jelas

Tanpa tujuan yang jelas, tim Anda tidak akan bisa memaksimalkan produktivitas mereka dalam bekerja. Akibatnya setiap pekerjaan yang mereka tangani tidak pernah bisa selesai tepat waktu. Sebagai seorang sales leader, Anda seharusnya tidak hanya mengandalkan anggota tim Anda untuk menentukan tujuan dan sasaran mereka sendiri. Berikanlah tuntunan kepada mereka tentang apa saja yang harus mereka selesaikan. Tanpa arah yang jelas, anggota tim Anda ibarat kendaraan tanpa pengemudi yang tidak bisa sampai pada tujuan.

4. Gagal mendelegasikan tugas kepada orang lain

Anda sebagai seorang leader harus bisa membagi tugas anggota tim Anda dengan baik. Begitu pula ketika Anda menemukan seorang anggota tim yang mungkin mengalami kesulitan dalam bekerja. Ketika menghadapi kondisi tersebut, pekerjaannya pun tidak akan bisa selesai dengan cepat. Disini peran Anda sangatlah penting, cobalah untuk mendelegasikan tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh anggota tim lainnya.

Ingat, jangan menanamkan individual kepada tim Anda, tanamkan kerja sama kepada mereka agar semua anggota tim dapat bekerja dengan baik.

Dapatkan tips sales, marketing dan CRM dengan mengikuti terus blog kami. Caranya dengan bookmark atau dengan cara berlangganan via email. Untuk berlangganan via email Anda cukup mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.