Return to site

Jangan Menunggu Untuk Mendapatkan Pelanggan!

· Strategi Sales,Tips Sales

Ketika tenaga penjualan terjebak atau dalam kemerosotan, banyak dari mereka cenderung menunggu. Itu benar, terlalu banyak penjual hanya menunggu segalanya menjadi lebih baik. Sayangnya, penjualan jarang menjadi lebih baik dengan hanya menunggu. Apakah Anda seorang pemilik bisnis atau bagian dari tim penjualan perusahaan, penting untuk tetap memantau aktivitas nomor satu yang membuat perusahaan Anda berkembang pesat yaitu dengan selalu mencari pelanggan.

Bisnis baru dan penjualan terjadi secara berulang-ulang dan akan selalu sama yaitu mendapatkan uang dari pelanggan, tetapi ini tidak akan terjadi jika Anda tidak memiliki siapa pun untuk melakukan pembelian. Mari kita lihat sedikit lebih dalam pada kebiasaan mencari calon pelanggan. Ada empat hal sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk memperbaiki keterampilan itu.

1. Angkat Telepon

Salah satu alat penjualan Anda yang paling kuat adalah duduk tepat di meja Anda atau di saku Anda yaitu telepon dan handphone. Angkat telepon dan lakukan panggilan baru ke calon pelanggan baru. Orang-orang sukses yang berada dalam sepuluh persen teratas dari perusahaan mana pun akan memberi tahu Anda bahwa kebiasaan ini sangat penting untuk menemukan pelanggan baru dan mengubahnya menjadi pelanggan. Tidak semua panggilan akan menghasilkan penjualan baru. Dan, penjualan bukan satu-satunya alasan mengapa Anda harus mengangkat telepon setiap hari. Berbicara dengan orang lain membangun kepercayaan diri Anda dan mengajarkan Anda untuk menyempurnakan keterampilan mendengarkan Anda.

2. Kirim Email

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengasah upaya pencarian calon pelanggan harian Anda adalah mengirim email ke calon pelanggan untuk menindaklanjuti diskusi sebelumnya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun kecuali beberapa menit dari waktu Anda dan tindakan sekadar menjangkau seseorang membantu memperkuat hubungan. Ingatlah bahwa untuk setiap 30 hari prospek Anda berjalan tanpa mendengar dari Anda, mereka kehilangan 10% dari nilai potensialnya kepada Anda.

3. Memfollow up kembali

Sangat mudah bagi orang untuk kehilangan kontak. Bicaralah dengan klien yang belum Anda dengar sebelumnya. Catatan singkat atau panggilan telepon sering diperlukan untuk menghidupkan kembali hubungan bisnis yang pernah Anda miliki dengan klien. Melakukannya dapat menghasilkan beberapa petunjuk baru dan menarik. Memfollow up kembali pelanggan yang hilang bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk menghasilkan bisnis sekarang.

4. Hubungi Pelanggan yang Puas

Panggil pelanggan yang Anda kenal dan yang senang dengan layanan Anda. Anda dapat menelepon hanya untuk menyapa, Anda dapat berbagi dengan mereka tip terkait bisnis, tautan ke artikel berita yang menarik atau Anda bahkan dapat mengambil kesempatan untuk meminta referensi atau testimonial. Pelanggan yang puas telah melihat manfaat dari produk yang Anda jual atau layanan yang Anda berikan. Tetap berhubungan dan menjaga hubungan Anda sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com