Return to site

Karakter Tim Sales Yang Harus Diubah Oleh Sales Leader

Menghilangkan sisi negatif dari tim sales

· Leadership

Karakter dari masing-masing salesperson memberikan pengaruh besar terhadap kesuksesan dalam penjualan dan juga untuk menjaga kerjasama. Jika Anda tidak ingin memiliki tim sales yang tidak dapat Anda kuasai, ada baiknya Anda mulai melakukan tindakan untuk mengurangi beberapa sikap negatif dari kepribadian tim sales berikut ini.

1. Mengurangi sifat agresif yang negatif anggota tim sales terhadap rekannya

Sifat agresif itu penting, tetapi harus sikap agresif untuk bisa mencapai penjualan yang baik dari waktu ke waktu. Jika agresif terhadap rekannya dan itu merupakan sikap yang negatif, itu bukan karakter tim sales yang dapat membawa perusahaan pada tingkat penjualan yang baik.

2. Mengurangi sifat tim yang ingin memimpin tetapi tidak mau dipimpin

Memiliki tim yang suka memimpin sebenarnya baik untuk bisa membawa tim Anda menjadi lebih baik. Tetapi, jika ia hanya ingin memimpin, tetapi tidak mau dipimpin itu artinya ada yang salah pada karakter dalam dirinya. Anda dapat membawa anggota tim ini pada sikap pemimpin yang lebih baik. Yang perlu Anda kurangi adalah sikapnya yang tidak mau dipimpin.

3. Mengurangi sifat tim sales yang suka menunda-nunda

Tahukah Anda, satu orang yang suka menunda-nunda pekerjaanya akan berdampak pada penundaan pada pekerjaan lainnya di masa yang akan datang. Sifat ini pun juga akan merugikan anggota tim lainnya. Misal, Anda akan melakukan rapat internal dengan seluruh anggota tim, satu dari mereka menunda untuk berkumpul dalam ruangan, akibatnya semua anggota tim ini pun harus menunggu satu anggota tim ini. Rapat internal yang harusnya dilakukan dalam 45 menit menjadi 60 menit karena menunggu satu orang. Dari 15 menit ini, seharusnya tim sales lain sudah bisa mengerjakan hal lainnya, seperti mem-follow up prospek, mempersiapkan berkas untuk presnetasi atau bahkan sudah di perjalanan untuk menemui prospek lebih awal. Sikap sales seperti ini perlu Anda ubah secepatnya. Karena, penundaan pekerjaan merupakan tindakan yang dapat menularkan kebiasaan terhadap seluruh anggota tim.

Itulah beberapa karakter dan sifat dari sales person yang perlu Anda perbaiki jika tidak ingin memiliki tim sales yang kurang produktif. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan tim sales yang solid. Awasi kinerja tim Anda dengan aplikasi CRM yang dapat memberikan laporan kinerja di dalam kantor maupun di luar kantor secara real-time. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly