Return to site

Kekuatan Sikap Peduli Salesperson Terhadap Prospek

Kepedulian yang membawa kesuksesan bagi salesperson

· Sales Strategy

Tahukah Anda bahwa seorang pelanggan membutuhkan salesperson yang peduli akan masalah yang ia hadapi daripada sebatas membeli produk atau jasa yang digunakan. Keinginan ini sering kali dilupakan oleh salesperson dan cenderung hanya mempedulikan produk yang mereka tawarkan saja. Padahal, salesperson yang sadar bahwa menjual merupakan salah satu tindakan sosial, maka ia tidak akan pernah melupakan bahwa ada kekuatan besar dalam kehidupan sosial yaitu sikap peduli. Kepedulian salesperson terhadap prospek dan pelanggan ini pun akan menghasilkan penjualan yang berlipat. Jika Anda ingin memiliki nilai pembeda dengan kompetitor, maka Anda perlu membawa sikap peduli tersebut dalam setiap proses penjualan.

Menjual produk atau layanan adalah tentang menciptakan suatu preferensi dan kepedulian Anda adalah salah satu cara yang paling efektif untuk dilakukan untuk mencapai preferensi tersebut. Jika kita kembalikan sikap peduli ini pada sikap asli manusia, maka hubungan antar sesama akan menghasilkan hubungan yang jauh lebih luas dari sekedar bisnis belaka. Kami akan mengambilkan satu contoh sederhana dalam kehidupan kita saat menjadi seorang pelanggan.

Jika kita berbelanja di minimarket, kita akan mendapatkan sambutan yang cukup ramah dari karyawan. Sikap karyawan yang ramah ini membuat kita lebih nyaman untuk datang dan berbelanja kembali daripada kita berbelanja di minimarket yang tidak memiliki sikap ramah. Terlebih lagi jika kita datang ke toko-toko kecil yang dilayani oleh penjual yang sangat judes, tentu kita juga akan malas untuk berbelanja kembali di toko tersebut.

Cerita pada contoh tersebut juga dapat terjadi pada Anda saat melayani satu orang prospek namun prospek ini juga sedang menjalani proses dengan perusahaan lain. Jika Anda sebagai salesperson pertama merupakan seorang sales yang tidak peduli pada pelanggan dan gagal menjadi pendengar yang baik bagi prospek, maka kemungkinan besar prospek tidak akan memilih Anda akan jauh lebih besar. Alih-alih ingin mencapai penjualan, prospek pun enggan mendengarkan Anda. Bahkan, ini akan menjadi lebih sulit bagi Anda ketika tidak ada hal-hal yang berkaitan dengan masalah prospek yang Anda catat karena terlalu sibuk untuk berbicara.

Sedangkan salesperson dari perusahaan lain yang menjalani proses dengan prospek Anda ini mampu memberikan waktu dan menunjukkan sikap peduli yang sangat baik terhadap prospek. Kepedulian ini pun menarik perhatiannya dan memperbesar minat prospek untuk segera melakukan pembelian karena ia merasa diperhatikan oleh salesperson. Minim berbicara, lebih sering mencatat masalah-masalah prospek memudahkan salesperson ini untuk datang dengan memberikan solusi pada proses follow up selanjutnya.

Proses penjualan yang sedang diperebutkan antara Anda dengan kompetitor ini pun jauh berpeluang untuk jatuh ke tangan salesperson dari perusahaan kompetitor. Alasannya hubungan yang dijalin oleh kompetitor ini jauh lebih baik daripada Anda yang menjadi salesperson yang hanya peduli pada penjualan dan tidak peduli terhadap masalah prospek. Jangankan menunjukkan kepedulian, karena Anda tidak pernah mencatat masalah-masalah prospek, saat prospek meminta solusi pun Anda memberikan solusi yang salah dan tidak relevan dengan apa yang diharapkan oleh prospek. Artinya, kepedulian salesperson kompetitor ini pun memiliki kekuatan yang dapat mengalahkan produk Anda meskipun pada produk Anda menawarkan nilai lebih untuk prospek.

Oleh karena itu, ubahlah cara Anda dalam menawarkan produk kepada prospek dengan menunjukkan rasa peduli. Bangun kepercayaan prospek dari awal dengan mengembangkan hubungan dan juga menggunakan tools pendukung untuk menyimpan data-data penting selama proses pendekatan. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan data-data proses pendekatan ini. Seperti dengan buku catatan. Namun, untuk hasil yang sangat maksimal kami sangat menyarankan Anda menggunakan tools Customer Relationship Management (CRM). Dengan sistem ini, data-data yang Anda simpan dapat diakses oleh semua tim sales dan memudahkan tim untuk melanjutkan proses ketika Anda sedang berhalangan.

Butuh sistem CRM Indonesia? Sales1CRM adalah solusi untuk Anda. Info lebih lanjut silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK