Return to site

Kendala Yang Anda Temui Di Awal Implementasi Aplikasi CRM

Masa-masal awal dalam menggunakan CRM

· CRM Indonesia,CRM Software

Perusahaan yang baru menggunakan aplikasi CRM sangat lumrah apabila merasa menghadapi tantangan. Tantangan-tantangan ini dapat berupa pekerjaan yang semakin banyak di awal-awal penggunaan aplikasi atau ketidakpahaman tim sales dalam mengoperasikan aplikasi CRM. Namun, jangan pernah takut untuk menghadapi tantangan ini, karena tantangan ini merupakan tantangan sementara dan akan lebih mudah ketika Anda sudah berhasil menghadapi tantangan tersebut. Lalu, apa saja kendala lain yang akan Anda hadapi ketika baru menggunakan aplikasi CRM?

1. Tim kurang setuju dengan sistem yang baru

Sebagian dari tim sales maupun tim marketing akan menganggap bahwa menggunakan CRM hanya akan menambah pekerjaannya. Sehingga, sebagian dari tim Anda akan melakukan penolakan terhadap penggunaan aplikasi ini. Namun, jangan pernah menyerah untuk meningkatkan kesadaran tim sales maupun tim marketing yang Anda miliki untuk tetap menggunakan aplikasi CRM. Karena, aplikasi ini adalah untuk membantu mempermudah pekerjaannya bukan untuk menambah pekerjaannya menjadi lebih sulit.

2. Memindahkan data pada sistem yang dapat berlangsung lama

Untuk data-data pelanggan lama yang belum Anda masukkan pada sistem CRM, tentu Anda harus melakukan import data pada aplikasi CRM. Aktivitas ini tentu membutuhkan waktu yang variatif. Untuk perusahaan yang belum memiliki jumlah pelanggan yang banyak, tentu prosesnya akan lebih cepat. Sedangkan untuk perusahaan yang sudah memiliki pelanggan dengan jumlah besar, harus menemukan cara terbaik untuk memasukkan data pada CRM. Baik dengan spreadsheet maupun dengan metode lainnya sesuai dengan fitur aplikasi CRM.

3. Menghubungkan dengan sistem lain

CRM merupakan aplikasi yang dapat terintegrasi dengan berbagai layanan seperti email marketing, media sosial, telepon, sms dan lain sebagainya. Untuk perusahaan yang baru menggunakan aplikasi CRM, kemungkinan Anda akan bingung harus memulainya dari mana. Di sinilah peran pelatihan dari penyedia CRM akan membantu memudahkan Anda dalam mengintegrasikan CRM dengan alat-alat lainnya.

4. Pemahaman akan fitur yang perlu Adaptasi

Masing-masing CRM memiliki fitur yang berbeda-beda. Saat Anda baru memilih CRM, tentu akan ada fitur-fitur tambahan yang bisa saja tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, mintalah saran dari penyedia jika Anda masih belum memahami aplikasi yang Anda gunakan tersebut. Karena, tidak semua orang dapat beradaptasi dengan cepat untuk menggunakan sistem CRM, maka meminta saran ini adalah cara yang terbaik yang dapat Anda lakukan.

Dari 4 kendala yang sudah kami sebutkan di atas, semua merupakan kendala yang sifatnya sementara. Ketika tim sudah terbiasa dengan aplikasi CRM, mereka akan lebih senang dalam bekerja. Karena, tim Anda akan merasa terbantu dengan kehadiran CRM. Ingin konsultasi sebelum memilih Sales1CRM sebagai sistem CRM pilihan Anda? Silakan kontak kami sekarang juga melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com