Return to site

Kesalahan Dalam Mengartikan Kesuksesan

Sukses itu seperti apa sih?

· Tips Sales

Kesuksesan itu adalah hak semua orang yang bersedia memberikan waktunya untuk mencapai apa yang ia sebut dengan sukses. Kesuksesan selalu memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada dimana posisi yang dapat disebut dengan sukses. Bagi seorang fresh graduate, sukses itu adalah ketika ia berhasil lolos dalam seleksi penerimaan karyawan dari perusahaan. Bagi sales, sukses itu adalah ketika mereka berhasil mencapai penjualan. Sebagian lagi, sukses itu adalah ketika ia mencapai posisi tertinggi dalam karirnya.

Dalam dunia sales maupun bisnis, kita pasti sering menemukan arti kesuksesan yang harus diraih. Namun, anggapan tersebut salah dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan kesuksesan. Apa saja kesalahan tersebut?

1. Kesuksesan bisnis di awali dengan uang

Banyak pelaku bisnis maupun sales yang beranggapan bahwa sukses itu adalah ketika perusahaan bersedia mengeluarkan banyak uang pasti akan menghasilkan penjualan yang besar dengan keuntungan besar pula. Tetapi, pada kenyataannya, uang hanyalah alat bantu dan bukan faktor yang menciptakan kesuksesan dalam bisnis.

Sedikit kisah inspiratif pada video dibawah ini akan sedikit menjelaskan kepada Anda bahwa hanya dengan modal uang yang sedikit, ia bisa menjadi seorang yang sukses. Meskipun awal ceritanya adalah tentang seseorang yang gagal mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki email.

2. Sukses hanya untuk orang-orang yang populer

Popularitas memang memberikan efek yang sangat cepat untuk mendapatkan banyak pelanggan. Seperti seorang artis yang membuka bisnis, mereka akan mudah mendapatkan pelanggan karena popularitasnya. Akan tetapi, sekali lagi popularitas bukan penentu kesuksesan dalam bisnis. Banyak orang-orang yang tidak populer, namun bisa menciptakan bisnis besar. Begitu juga bagi sales, belum memiliki jaringan dan tidak dikenal oleh orang banyak, bukan berarti upaya penjualannya akan gagal. Dengan proses dan strategi yang benar, sales yang tidak terkenal pun dapat menjual lebih dibandingkan sales yang sudah populer.

3. Sukses membutuhkan kecerdasan

Tidak semua kesuksesan didapat karena kecerdasan seseorang. Tetapi, bagaimana ia menciptakan ide dan memanfaatkan ide tersebut menjadi peluang lah yang akan mempengaruhi kesuksesan yang akan ia dapatkan.

4. Memiliki talenta

Talenta merupakan salah satu faktor pendukung lain yang dianggap berpengaruh pada kesuksesan seseorang dalam menjalankan bisnis. Namun, jika memang orang bertalenta bisa mencapai kesuksesan, seharusnya ada banyak orang bertalenta yang memiliki bisnis sendiri. Sayangnya, ada banyak orang bertalenta yang tidak dapat memaksimalkan talentanya dan hanya menjadi orang biasa dan jauh dari kata sukses.

Apa arti kesuksesan sebenarnya?

Kesuksesan memiliki arti bagaimana Anda mencapai target yang ingin Anda raih, apa pun itu dapat dianggap sebagai kesuksesan. Semua berawal pada pola pikir Anda, bukan tentang uang, popularitas, talenta maupun kecerdasan. Kesuksesan adalah tentang bagaimana usaha Anda. Karena pada hakikatnya, kesuksesan merupakan buah atau hasil dari apa yang Anda kerjakan dan sesuai dengan tingkat kepuasan Anda pribadi.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com