Return to site

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Marketing

Kesalahan dalam marketing produk

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Marketing

Memasarkan produk memang sebuah kewajiban bagi seluruh perusahaan atau bisnis kecil. Namun, banyak perusahaan yang gagal dalam memasarkan produk karena kesalahan yang tidak mereka sadari. Sehingga, upaya menjual produk dalam jumlah besar tidak terwujud, justru pengeluaran untuk marketing yang lebih besar. Jika sudah demikian, bukan keuntungan yang didapat tapi kerugian yang cukup besar yang akan dialami oleh perusahaan.

 

Jika Anda ingin sukses dalam memasarkan produk, hindari kesalahan dalam marketing berikut ini.

 

1. Terlalu banyak strategi

Strategi marketing yang terlalu banyak bisa merusak marketing itu sendiri. Karena pada dasarnya, dalam marketing itu mengedepankan taktik fungsional diantaranya

  • Mengkualifikasi leads
  • Mempermudah pelanggan untuk melakukan pembelian

Jika Anda terlalu banyak strategi untuk mewujudkan hal tersebut, maka marketing Anda tidak akan berjalan dengan baik. Yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana Anda mengeksekusi taktik dalam strategi marketing yang sederhana tapi efektif.

 

2. Prioritas yang salah

Apakah Anda berpikir bahwa dengan pemasaran yang baik, Anda dapat mengabaikan bagaimana produk Anda atau bagaimana memperbaiki produk Anda? Jika Anda berpikir demikian, maka Anda salah dalam menentukan prioritas marketing Anda. Anda tidak dapat mengabaikan pemasaran dengan tanpa melihat bagaimana produk Anda sendiri.

 

Pemasaran yang digabungkan dengan produk yang buruk akan semakin membuat produk terlihat buruk didepan calon pembeli. Untuk itu, pastikan prioritas Anda adalah kepuasan pelanggan, yang artinya Anda jangan menutup mata dengan produk yang Anda tawarkan.

 

3. Kegagalan dalam menenetukan definisi prospek yang berkualitas

Marketing tidak mungkin menghasilkan seorang prospek pembeli yang berkualitas kecuali ada definisi yang jelas tentang keunggulan prospek yang memenuhi syarat. Untuk menemukan prospek yang berkualitas memang diperlukan upaya yang lebih baik dengan melihat record diskusi selama tim marketing melakukan penawaran produk.

 

Terkadang, tim sales dan tim marketing saling menyalahkan satu sama lain saat penjualan tidak terjadi atau penjualan yang tidak sesuai target. Untuk itu, perusahaan harus lebih bijak dalam menghadapi situasi seperti ini. Implementasi CRM untuk menentukan pelanggan prospek akan sangat membantu Anda dalam melakukan pemasaran.

 

4. Terlalu berlebihan

Banyak perusahaan yang ingin tampil sebagai perusahaan besar dan profesional didepan calon pelanggannya. Tapi, perusahaan sering lupa bahwa pelanggan memiliki penilaian tersendiri tentang perusahaan. Memang, ketika pelanggan melakukan pembelian kepada perusahaan besar akan membawa kebanggan tersendiri bagi mereka. Tapi, Anda tidak perlu merubah jati diri perusahaan Anda untuk dilihat oleh pelanggan.

 

Kami ambil contoh, salah satu perusahaan smartphone yang sudah kehilangan nama besar tapi tetap merasa bahwa mereka masih perusahaan besar. Mereka yakin bahwa produk yang akan mereka jual selanjutnya akan menarik minat pelanggan. Hasilnya, produk yang ia ciptakan tetap gagal dipasaran meski perusahaan tersebut melakukan perubahan dengan inovasi-inovasi unik. Ini merupakan contoh nyata yang menunjukkan bahwa sesuatu yang berlebihan dalam pemasaran tidak selamanya efektif. Yang diperlukan oleh perusahaan adalah dengan menjaga image perusahaan itu sendiri sesuai keadaannya saat ini. Biarkan peringkat perusahaan naik sendirinya mengikuti tingkat kepuasan pelanggan.

 

Itulah kesalahan-kesalahan dalam marketing yang harus Anda hindari. Apakah Anda pernah menerapkan satu diantara 4 kesalahan tersebut? Jika ia, Anda dapat berbagi pengalaman Anda dengan meninggalkan komentar dibawah ini. Silakan subscribe untuk mendapatkan tips-tips dari kami.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK