Return to site

Kesiapan Perusahaan Saat Menghadapi Perubahan Pasar

Apa yang Anda persiapkan untuk menghadapi perubahan arah tren pasar?

· Tips Sales

Perubahan besar dalam suatu pasar dapat terjadi kapan pun tanpa mampu Anda prediksikan. Setiap tahun pasar akan selalu mengalami perubahan dan Anda yang berada pada bagian tim sales perlu mewaspadai terjadinya perubahan pasar tersebut. Perubahan pasar ini dapat merusak bisnis dan penjualan tanpa memandang seberapa besar perusahaan Anda saat ini. Ada banyak contoh perusahaan yang dalam 3 tahun terakhir menjadi raja pasar suatu produk tiba-tiba tahun ini mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan. Ibaratnya, jika dalam tiga tahun terakhir sebagai penguasa pasar yang nomor 1, bukan tidak mungkin tahun ini berada pada posisi ke 2, 3, 4 atau bahkan lebih buruk.

Perencanaan bisnis yang matang menjadi elemen dasar agar perusahaan Anda dapat bertahan. Tujuan perencanaan ini tentu sudah jelas untuk menghadapi tantangan pasar di masa depan. Sayangnya, banyak tim sales dan sales leader yang terlalu senang dengan hasil di masa lalu dan tidak pernah memikirkan apa yang akan dihadapi selanjutnya. Alih-alih perencanaan dibuat untuk masa depan, perusahaan justru mengandalkan pola strategi penjualan yang sama dengan beberapa tahun sebelumnya.

Riwayat pencapaian memang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan hasil tahun ini, tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya. Tetapi, bukan berarti Anda harus senang dengan strategi dan pencapaian di masa lalu untuk menjalankan bisnis di tahun yang baru. Perencanaan bisnis perlu dibuat sedemikian rupa dengan fokus pada masa depan. Bagaimanapun juga, menghadapi perubahan pasar sangat tidak mungkin bisa dilakukan apabila Anda mempertahankan cara yang sama setiap tahun.

Itulah sebabnya perusahaan yang sukses mencapai penjualan dengan baik dan dapat berkembang ketika pasar mengalami perubahan adalah perusahaan yang selalu membuat perencanaan baru jangka panjang mengikuti dan mengantisipasi terjadinya perubahan pasar. Jadikanlah pelayanan untuk pelanggan dan memperkuat basisi pelanggan yang ada saatini sebagai bagian terpenting dalam menjalankan strategi penjualan Anda.

Kesimpulan

Kunci keberhasilan perencanaan bisnis bermula dari fokus perusahaan pada masa depan bisnis. Apa yang dicapai pada tahun sebelumnya adalah sejarah untuk menemukan formula yang tepat bagi perjalanan bisnis di tahun yang baru. Jadikan teknologi dan management dalam menjaga hubungan dengan pelanggan sebagai bagian dari perencanaan Anda. Karena, pelanggan-pelanggan Anda saat ini adalah aset yang akan menjaga pertumbuhan bisnis Anda tetap stabil di saat pasar mengalami perubahan negatif.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly