Return to site

Keuntungan Implementasi CRM Dalam Peningkatan Bisnis & Penjualan

· CRM

Customer Relationship Management (CRM) adalah sistem yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, menemukan calon pelanggan baru dan mendatangkan kembali pelanggan lama yang sudah tidak aktif melakukan pembelian. Software CRM memfasilitasi pengumpulan, pengorganisasian, dan pengelolaan informasi pelanggan, yang mana semua data ini akan tersimpan pada satu tempat.

CRM tidak lagi hanya untuk organisasi berskala besar dengan basis data pelanggan yang besar, tetapi juga menguntungkan bahkan untuk organisasi berukuran kecil dan menengah. Sistem CRM yang dirancang untuk memantau dan merampingkan proses penjualan, sistem CRM dapat menjadi salah satu alat manajemen paling baik untuk perusahaan Anda. Beberapa hasil luar biasa dari sistem CRM mencakup peningkatan layanan pelanggan, hubungan pelanggan yang lebih dalam, retensi pelanggan baru, dan inisiatif penjualan dan pemasaran yang jauh lebih sukses. Inilah bagaimana manfaat sistem CRM dapat memperbarui dan memperluas bisnis Anda!

1. CRM dapat membantu  tim untuk meningkatkan kepuasan pelanggan

Salah satu manfaat utama menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan (Sistem CRM) adalah meningkatkan layanan pelanggan melalui penyimpanan data pelanggan secara aman. Dengan menggunakan strategi ini, semua transaksi yang melibatkan servis, pemasaran, penjualan produk dan layanan kepada pelanggan dapat dilakukan dengan cara yang terorganisir dan sistematis. Anda juga dapat menggunakan software CRM untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan melalui pemahaman yang lebih baik tentang masalah mereka. Anda juga dapat menggunakan CRM untuk menerima umpan balik berkelanjutan dari pelanggan Anda mengenai produk dan layanan Anda.

2. CRM dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan

CRM membantu meningkatkan hubungan pelanggan, tetapi bagaimana caranya? Dengan menggunakan CRM untuk bisnis, Anda akan dapat meningkatkan tingkat retensi untuk pelanggan yang sudah ada, yang akan membantu meningkatkan pendapatan untuk perusahaan Anda. Dengan menggunakan data yang dikumpulkan pada sistem, tim dapat menggunakan CRM secara proaktif dalam menangani akun yang berisiko menjauhi perusahaan serta menjangkau pelanggan yang puas pada saat yang tepat, untuk mendorong pembelian berulang.

3. CRM membantu komunikasi internal yang lebih baik

CRM membantu membangun komunikasi yang lebih baik di dalam perusahaan. Berbagi data pelanggan antar departemen yang berbeda akan memungkinkan Anda bekerja sebagai tim dan membantu mengoptimalkan pengalaman pelanggan. Ini adalah salah satu dari beberapa manfaat utama platform CRM. Setiap karyawan juga akan dapat menjawab pertanyaan pelanggan tentang apa yang terjadi dengan produk atau layanan mereka. Dengan bekerja sebagai tim yang terinformasi dengan baik, akan membantu meningkatkan efisiensi perusahaan secara keseluruhan dan menawarkan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

4. CRM dapat membantu mengoptimalkan pemasaran anda

Dengan CRM akan memungkinkan Anda untuk menjalankan program pemasaran yang lebih bertarget dan hemat biaya, khususnya untuk kampanye pemasaran email. Dengan memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan, Anda dapat mengidentifikasi waktu yang tepat untuk mempromosikan produk Anda dan menggunakan penawaran otomatisasi pemasaran oleh sistem CRM untuk keuntungan Anda. Sistem CRM juga akan membantu Anda mengelompokkan pelanggan dan memberi Anda wawasan tentang kelompok pelanggan mana yang lebih menguntungkan. Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat mengatur promosi yang relevan pada waktu yang tepat. Dengan mengoptimalkan sumber daya pemasaran Anda dengan cara ini, perusahaan mmeiliki peluang terbaik untuk meningkatkan pendapatan.

5. Dengan CRM akan membantu mendapatkan wawasan berharga tentang pelanggan dan penjualan

Dikarenakan software CRM menyimpan semua informasi di satu tempat terpusat, ini akan mempermudah menganalisis kinerja perusahan secara keseluruhan. Dengan menunjukkan informasi penting seperti pendapatan yang dihasilkan, prospek, serta hasil kampanye pemasaran, Anda akan dapat dengan mudah menghasilkan laporan. Data pelaporan yang lebih baik berarti Anda akan dapat membuat keputusan bisnis yang efektif dan meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang.

6. CRM dapat membantu memaksimalkan kinerja bisnis

Sistem CRM dapat membantu memaksimalkan kinerja bisnis dengan meningkatkan peluang up-selling dan cross-selling. Up-selling adalah tempat Anda menawarkan produk upgrade atau premium kepada pelanggan yang terkait dengan pembelian mereka. Cross-selling adalah metode penjualan dimana Anda menawarkan produk pelengkap yang termasuk dalam kategori yang sama dengan pembelian yang mereka lakukan. Kedua strategi penjualan ini dapat dengan mudah dilakukan dengan sistem/software CRM, karena Anda akan memiliki pemahaman tentang keinginan, kebutuhan dan pola pembelian pelanggan. Memiliki informasi ini di database yang terpusat berarti, ketika ada peluang, tim sales dapat mempromosikan sesuai kebutuhan.