Return to site

Kunci Kesuksesan Sales Adalah Membantu

Kunci keberhasilan dalam penjualan adalah dengan membantu

· Tips Sales

Kesuksesan salesperson dalam penjualan itu diukur dengan seberapa baik dalam membantu prospek dan pelanggan. Jika Anda ingin mengukurnya dengan uang, permainan, penghargaan atau gagasan untuk kesuksesan itu tidak lebih dari tolok ukur bagaimana Anda memperlakukan orang lain dalam hidup Anda. Itulah mengapa semua metrik dalam penjualan bertumpu pada bagaimana Anda membantu orang lain.

Anda selalu melakukan cara untuk mengukur seberapa efektif Anda dalam membuka hubungan dengan prospek (untuk diri sendiri). Jika Anda ingin mencapainya, maka Anda harus menemukan solusi agar Anda dapat menemukan cara tersebut. Yang artinya, kesuksesan Anda akan tercapai jika dalam diri Anda membantu diri Anda sendiri yang dalam hal ini adalah motivasi.

Kesepakatan Anda dengan prospek akan lebih sering mencapai kebuntuan atau bahkan lepas jika Anda tidak dapat mengembangkan hubungan dan pemahaman yang baik tentang kebutuhan prospek.  Sehingga Anda hanya akan menutup dengan teknik menutup yang salah dan tidak berhasil memberikan kepercayaan terhadap prospek.

Tidak ada alasan untuk percaya bahwa Anda akan menjadi satu-satunya salesperson yang akan mencapai kesepakatan dengan prospek. Karena, jika Anda tidak dapat membantu mereka, masih banyak salesperson lain yang sanggup untuk melakukannya. Anda dapat dikatakan sebagai pemenang, jika prospek bersedia menerima bantuan Anda dan memberikan komitmennya untuk melakukan pembelian pada tanggal atau waktu yang telah ia tentukan.

Mendapatkan komitmen untuk terus bergerak bersama prospek menunjukkan bahwa Anda memang pantas mendapat kepercayaan. Ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli kepada prospek dan yang perlu Anda lakukan adalah untuk memberikan apapun yang diperlukan oleh prospek agar mereka mendapatkan hasil sesuai kebutuhannya.

Bagaimana Anda mendapatkan kepercayaan dan menunjukkan bahwa Anda peduli terlihat dari komitmen Anda. Jika Anda tidak memberikan proses yang baik, bagaimana prospek akan percaya kepada Anda? Komitmen akan selalu menjadi titik awal bagaimana prospek percaya dan bagaimana Anda membantu mereka sampai proses penjualan selesai.

Kesimpulannya, Anda akan berhasil memenangkan persaingan dan closing dengan hasil positif jika Anda bersedia membantu prospek, menjaga hubungan dan mengenali kebutuhannya. Untuk itu diperlukan aplikasi atau sistem yang baik untuk menyimpan data-data pelanggan maupun prospek untuk memudahkan Anda dalam membantu prospek dan mengetahui kebutuhannya. Aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Customer Relationship Management (CRM) jika Anda ingin menambahkan Lead Management System itu akan memberi nilai lebih untuk Anda.

Ilustrasi (c) Flickr.com Creative Commons