Return to site

Langkah Sistematis Untuk Menghasilkan Lead Berkualitas

Metode-metode dalam mencari dan memilih lead

· Tips Sales

Sebelum Anda mulai mencari seorang leads, Anda harus memiliki langkah-langkah yang sistematis untuk menemukan lead yang memiliki kualitas. Ketika lead yang Anda miliki tidak memenuhi kriteria lead berkualitas, sudah sering pula kami singgung bahwa proses tersebut adalah proses yang tidak akan memberikan hasil positif untuk penjualan Anda. Memang, prospek berkualitas tidak 100% akan melakukan pembelian, tetapi setidaknya proses yang Anda jalankan ketika tidak mencapai kesepakatan tidak terlalu memakan waktu yang panjang. Ketika Anda terlalu banyak lead yang tidak berkualitas, Anda akan terlalu sibuk untuk memproses hal yang tidak begitu perlu diprioritaskan dan ini menjadi kerugian besar untuk Anda. Berikut adalah langkah sistematis yang harus Anda ambil untuk mendapatkan lead berkualitas.

1. Menetapkan target spesifik untuk memenuhi jumlah prospek yang ada dalam sales pipeline Anda pada waktu tertentu

Setiap sales memang memiliki target masing-masing. Hanya saja, dari sekian banyak target yang dimiliki, Anda harus memfilter lagi dengan membuat target yang lebih spesifik. Target spesifik ini merupakan target yang sudah Anda sesuaikan dengan profil, personalisasi, demografi dan hal-hal lainnya yang diperlukan. Dengan membuat target yang lebih spesifik ini, lagkah Anda dalam memproses lead akan jauh lebih efektif dan dapat meningkatkan produktivitas Anda.

2. Rencanakan jumlah meeting yang ingin Anda lakukan setiap minggunya untuk memenuhi target

Ketika Anda sudah menemukan target yang ingin Anda miliki, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan perencanaan meeting. Memilih prospek berkualitas tentu akan menghemat waktu Anda dalam janji meeting tersebut. Tak harus menargetkan secara harian, Anda dapat membuat target mingguan yang sekiranya memang layak untuk Anda fokuskan dan dapat dilakukan dengan baik. Mulailah dengan membuat target kecil, sembari menyimpan data hasil meeting dari waktu ke waktu, kemudian jadikan data tersebut untuk membuat target yang lebih tinggi berdasarkan waktu, tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan.

3. Memaksimalkan waktu untuk melayani sisa lead

Setelah Anda sukses mencapai target meeting dan semua sudah mendapatkan waktu, itu artinya Anda sudah memiliki waktu yang lebih panjang untuk menyeleksi ulang sisa lead yang Anda dapatkan.  Tetapi, apabila Anda masih memiliki jadwal dengan prospek yang akan melakukan pembelian (proses pembelian sedang berlangsung), maka Anda harus memaksimalkan waktu untuk melayani dan membantu percepatan proses penjualan tersebut terlebih dahulu.

Dari sini, Anda sudah mendapatkan beberapa poin penting dalam proses kualifikasi prospek. Untuk menghasilkan lead yang berkualitas dan langkah sistematis yang akan Anda jalankan semakin terukur, maka Anda perlu melengkapinya dengan sistem aplikasi CRM. Sistem CRM ini akan membantu Anda untuk menyimpan data proses dan dapat Anda konversi menjadi sebuat analisa untuk menemukan pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Membutuhkan CRM untuk bisnis Anda? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com