Return to site

Manfaat Penggunaan SMS Untuk Penawaran Penjualan Di Era Socmed & Chat

· Marketing

SMS terdengar sudah usang untuk digunakan sebagai salah satu alat penawaran. Namun, kenyataannya, SMS masih memberikan peran penting untuk perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggan maupun untuk menawarkan produk/layanan. Tahukah Anda, bahwa 44% pelanggan tidak akan berbisnis dengan perusahaan yang tidak menggunakan mode komunikasi pilihan mereka. Mengirim pesan singkat lebih nyaman daripada melakukan panggilan telepon. Lebih pribadi daripada email. Lebih baik pula untuk membangun hubungan jangka panjang daripada menghubungi melalui semua saluran komunikasi. Dalam artikel kali ini, kami akan sedikit membahas tentang manfaat menggunakan SMS untuk menjangkau pelanggan Anda.

1. Mengirim SMS membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan

90% pelanggan membaca pesan teks dalam tiga menit pertama setelah menerimanya, tetapi hanya 21,33% yang membuka email mereka. Artinya, dengan hanya menggunakan SMS, pesan pemasaran Anda akan menjangkau lebih banyak pelanggan. Mengingat statistik yang baru saja saya sebutkan, bandingkan dengan apa yang Anda harapkan jika Anda hanya mengandalkan email untuk mengingatkan pelanggan Anda. Hal yang sama berlaku untuk penawaran dan penjualan Anda pada acara-acara khusus. Pelanggan memiliki lebih dari satu alamat email, dan bahkan jika Anda meminta alamat email terbaik mereka, ada kemungkinan Anda tidak akan mendapatkannya.

2. Bangun hubungan dengan persyaratan SMS yang ditentukan pelanggan

Lebih dari 50% konsumen lebih memilih SMS daripada email untuk pengingat dan pemberitahuan. Dan 89% prospek lebih memilih SMS daripada panggilan telepon. Dengan berkomunikasi melalui pesan singkat, Anda dapat menghilangkan preferensi komunikasi yang tidak cocok. Pelanggan Anda akan membaca dan menanggapi Anda pada waktu mereka sendiri, memungkinkan Anda untuk terlibat dengan mereka sesuai dengan persyaratan pelanggan Anda. Di sisi lain, beri tahu mereka kapan Anda akan tersedia untuk menanggapi pertanyaan mereka, sehingga mereka menetapkan ekspektasi internal yang benar dan menghubungi Anda selama jam kerja Anda.

3. Otomatiskan SMS dan sertakan SMS dalam alur kerja

Sebagian besar perangkat lunak dilengkapi dengan integrasi yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan alat lain seperti perangkat lunak SMS dan mengotomatiskan alur kerja yang ada. Misalnya, survei kepuasan pelanggan adalah bagian penting dari proses penjualan Anda karena umpan balik yang Anda dapatkan membantu Anda meningkatkan dan memberikan pengalaman membeli yang lebih baik bagi pelanggan Anda. SMS lebih nyaman bagi pelanggan, dan mereka lebih cenderung memberi Anda umpan balik segera jika mereka menggunakan ponsel mereka untuk membeli. Jadikan layanan bebas pulsa untuk memikat mereka agar menanggapi survei Anda. Cara lain untuk memasukkan SMS dalam alur kerja yang ada adalah memisahkan apa yang Anda kirim ke klien melalui email dan SMS.

4. Dapatkan catatan digital dari interaksi pelanggan

Tidak seperti panggilan telepon, komunikasi SMS sudah dalam bentuk teks. Jadi, percakapan teks dengan pelanggan adalah catatan interaksi pelanggan yang mudah dipahami. Anda dapat mengimpor data ini ke alat CRM untuk memperluas profil pelanggan Anda.

Selain itu, CRM memiliki catatan digital dari percakapan yang Anda lakukan dengan pelanggan Anda, periksalah untuk mengidentifikasi masalah yang harus ditangani. Ini akan membantu Anda melayani mereka dengan lebih baik. Perhatikan kata-kata dominan karena mereka mewakili tema berulang yang akan membantu Anda mengidentifikasi masalah umum yang mungkin Anda abaikan, jadi Anda perlu memulai untuk lebih memperhatikannya. Selain itu, Anda akan mengidentifikasi kata dan frasa umum yang akan membantu Anda meningkatkan nada dan gaya yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dan terhubung dengan pelanggan melalui pesan penjualan Anda.