Return to site

Membandingkan Aplikasi CRM & Spreadsheet Untuk Penjualan

Anda lebih menyukai yang mana?

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Apakah Anda masih menggunakan spreadsheet untuk memantau penjualan dengan alasan perusahaan Anda masih baru dan takut membuang biaya jika menggunakan CRM? Jika benar demikian, maka Anda telah melakukan kesalahan pertama. Karena, bisnis baru atau bisnis yang sudah lama membutuhkan teknologi untuk membantu perusahaan menjaga hubungan dengan prospek. Sedangkan spreadsheet hanya membantu Anda menyimpan data bukan untuk digunakan sebagai alat pendukung hubungan dengan pelanggan.

Masih belum jelas? Berikut adalah beberapa alasan mengapa menggunakan CRM jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan spreadsheet.

Penggunaan spreadsheet untuk penjualan

Spreadsheet memiliki keunggulan untuk menyimpan data dengan baik. Namun aplikasi ini tidak dirancang untuk membantu menjaga hubungan dan pemantauan penjualan yang didapat oleh perusahaan. Spreadsheet lebih sesuai untuk seorang akuntan, tapi tidak untuk sales leader dan tim sales. Jika spreadsheet mempercepat untuk menghitung angka, spreadsheet justru memperlambat proses penjualan Anda. Alasannya,

  1. Tidak ada batasan pengguna
    Semua tim dapat mengubah data dan tidak ada batasan apakah ia adalah administrator atau pengguna biasa.
  2. Tidak terorganisir dengan baik
    Spreadsheet memang dapat dibuat kolom dan baris sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, aplikasi ini masih belum terorganisir dengan baik. Artinya, untuk konten panjang mengharuskan Anda memperhatikan masing-masing kolom dan baris. Satu kesalahan yang dibuat dapat merubah semua data.
  3. Otomasi berdasarkan formula manual
    Spreadsheet memiliki kemampuan otomasi layaknya CRM untuk menemukan grafik pelanggan dan penjualan. Namun, ini membutuhkan formula-formula yang dibuat secara manual oleh tim. Satu kesalahan formula yang dilakukan oleh tim, tentu akan merusak data-data lain yang sudah tersimpan sebelumnya. Jika perusahaan tidak memiliki file cadangan, tentu perusahaan mengalami kerugian yang sangat besar.

Penggunaan aplikasi CRM untuk penjualan

Beda aplikasi memiliki kelebihan yang beragam, itu adalah fakta yang harus diterima oleh pelaku bisnis. Jika spreadsheet jauh lebih optimal untuk akuntansi dan data bukan penjualan, maka CRM adalah aplikasi yang memiliki kelebihan untuk penjualan dan kurang tepat untuk akuntansi meskipun dapat menghitung nilai penjualan yang didapat dari prospek.

Adapun alasan mengapa CRM dapat mempercepat proses penjualan adalah sebagai berikut.

  1. Batasan pengguna
    Tidak semua tim harus memiliki hak yang sama dalam mengolah data. CRM dilengkapi dengan fitur batasan pengguna untuk memastikan bahwa akses diberikan pada orang yang tepat. Di mana di dalamnya terdapat administrator dan admin biasa (pengguna non-administrator).
  2. Memantau tim sales dalam bekerja
    Untuk menentukan siapa yang harus mendapat pelatihan secara insentif, tentu Anda membutuhkan data hasil kinerja tim sales. Dengan penggunaan CRM, Anda dapat memantau dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Sehingga Anda pun dapat memilih siapa dari anggota Anda yang perlu mendapatkan pelatihan dan mana yang tidak.
  3. Otomasi dan integrasi
    CRM diprogram untuk terintegrasi dengan berbagai alat penjualan seperti email, sosial media, telepon, sms dan alat-alat lainnya. Hal ini tentu memudahkan tim sales untuk menemukan media mana yang harus ia pilih untuk menghubungi prospek/pelanggan sesuai dengan kebiasaannya. Sedangkan untuk kalender dan jadwal, tim sales dapat memilih waktu yang tepat untuk meeting dengan prospek potensial dengan pemilihan waktu yang benar-benar tepat.
  4. Analisa prediktif yang lebih akurat
    Dengan otomasi, sistem dapat memilih prospek sesuai dengan tingkat komunikasi dan data proses yang disimpan oleh tim sales untuk menentukan analisa prediktif dari prospek tersebut. Hal ini pun dapat memperkirakan penjualan dengan baik berdasarkan sales pipeline yang ditentukan oleh perusahaan.

Belum puas dengan penjelasan pada artikel ini? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci.

Itulah alasan mengapa CRM jauh lebih baik dibandingkan dengan spreadsheet untuk penjualan. Namun, artikel ini bukanlah untuk memaksa Anda menggunakan CRM. Apabila Anda memang merasa spreadsheet jauh lebih baik untuk bisnis Anda, maka itu adalah hak Anda untuk menggunakannya. Kami hanya ingin membantu untuk memilih aplikasi mana yang dapat membantu membawa bisnis dan penjualan Anda pada level yang lebih baik dengan bantuan aplikasi CRM sebagai alat komunikasi, analisa, produktivitas tim dan yang lebih penting adalah untuk meningkatkan potensi closing dengan kesepakatan dari hasil hubungan baik antara Anda dengan prospek dan juga pelanggan.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com