Return to site

Membedakan Simple Customer Profile & Ideal Customer Profile

Segmentasi pelanggan untuk mempercepat proses penjualan

· Sales Strategy

Apakah Anda pernah membuat strategi segmentasi pelanggan dengan membuat Simple Customer Profile dan Ideal Customer Profile yang dimulai sejak proses penyaringan lead/prospek? Jika belum, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda dalam memperbaiki proses. Untuk itu, Anda perlu memahami bagaimana membedakan segmentasi pelanggan dengan membuat Simple customer Profile (SCP) dengan Ideal Customer Profile (ICP).

 

Definisi segmentasi pelanggan berdasarkan Simple Customer Profile (SCP)

Simple Customer Profile (SCP) merupakan segmentasi profil pelanggan dengan memfokuskan pada cara yang sederhana untuk menemukan tingkat kebutuhan dan solusi yang dibutuhkan. Artinya, profil pelanggan ini merupakan yang memiliki masalah tidak terlalu serius, tetapi masuk dalam kriteria pelanggan yang dapat Anda jadikan potensi di masa depan walaupun kemungkinan tersebut sangat kecil atau berjalan dalam kurun waktu yang cukup panjang. Contoh, pelanggan dengan segmentasi SCP adalah start-up/UMKM yang belum memiliki banyak pelanggan, tetapi ia dapat Anda jadikan pelanggan yang berpotensi di masa depan.

 

Definisi segmentasi pelanggan berdasarkan Ideal Customer Profile (ICP)

Ideal Customer Profile (ICP) merupakan segmentasi profil pelanggan yang benar-benar sesuai dengan aspek-aspek pelanggan berkualitas yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendukung perjalanan bisnis secara berkelanjutan. ICP ini cenderung menjadi pelanggan aktif yang melakukan pembelian besar terhadap perusahaan serta berpeluang menjadi pelanggan loyal. Profil pelanggan pada segmentasi ini adalah target utama yang memang harus difokuskan oleh tim sales. Karena, profil pelanggan ini akan membawa keberhasilan perusahaan dalam menjalankan bisnis di masa depan dengan potensi penjualan secara berkala.

 

Mengapa perusahaan perlu menerapkan hal ini?

Ada tiga manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan melakukan segmentasi SCP dan ICP terhadap peluang bisnis di masa depan.

  1. Kemudahan perusahaan dalam personalisasi pemasaran dan penjualan.
  2. Kemudahan perusahaan dalam mengembangkan produk dan layanan sesuai kebutuhan segmentasi pelanggan.
  3. Kemudahan perusahaan untuk melihat laju penjualan berdasarkan segmentasi pelanggan.

 

Cara termudah untuk menerapkan segmentasi SCP dan ICP

Untuk Anda yang ingin menerapkan strategi segmentasi SCP dan ICP, perusahaan harus bisa segera menerapkan dan mengimplementasikan Customer Relationship Management (CRM). CRM akan membantu Anda menemukan profil prospek dan pelanggan dengan mudah dan juga segmentasi yang lebih cepat berdasarkan proses dan juga riwayat penjualan yang tersimpan dalam sistem. Pengembangan segmentasi berbasis data memudahkan tim sales dan tim marketing serta untuk pengadaan produk/layanan sesuai kebutuhan pasar. Sehingga, peluang untuk mencapai penjualan lebih tertarget dan tidak perlu menyediakan produk secara berlebihan. Bagaimana peran CRM dalam membantu tim dalam menentukan segmentasi pelanggan, Anda dapat menghubungi kami melalui layanan email di hi@sales1crm.com. Anda juga dapat mempelajari fitur-fitur CRM kami dengan mengunjungi halaman fitur pada menu utama.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK