Return to site

Mempersonalisasikan Proses Penjualan Untuk Sales Yang Lebih Baik

Mendefiniskan proses penjualan untuk mencapapai hasil yang lebih baik!

· Tips Sales

Mendefinisikan proses penjualan merupakan langkah wajib yang harus diambil oleh perusahaan. Terlepas dari apakah leader akan berinisiatif untuk menciptakan proses penjualan untuk timnya atau inisiatif pribadi dari salesperson. Proses penjualan yang baik tidak hanya diperlukan oleh perusahaan besar, perusahaan kecil pun perlu menciptakan proses penjualan yang baik. Karena dengan membuat proses penjualan yang efektif dan efisien akan meningkatkan penjualan secara signifikan dan dapat memperpendek proses untuk closing.

Apa itu proses penjualan?

Proses penjualan adalah langkah-langkah yang diambil oleh perusahaan atau sales untuk mulai membawa prospek. Langkah-langkah yang diambil oleh perusahaan diantaranya adalah mulai membangun hubungan, melakukan pendekatan, meyakinkan prospek dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sudah lama berkarir sebagai sales, tentu sudah sangat paham dengan definisi utama dari proses penjualan ini, jadi kami tidak perlu menjelaskan lebih jauh tentang definisi dari proses penjualan. Pada artikel ini, kami ingin menambahkan sedikit cara untuk mempersonalisasikan proses penjualan Anda. Proses tersebut diantaranya adalah:

1. Mempersonalisasikan proses untuk semua pelanggan/prospek

Proses penjualan yang ideal adalah dimana Anda dapat memberikan waktu yang maksimal untuk pelanggan-pelanggan maupun prospek. Jika Anda tidak dapat memaksimalkan waktu untuk mereka, Anda akan mengalami kerugian saat kehilangan. Antisipasi kejadian tersebut dengan mulai mempersonalisasikan proses penjualan Anda. Tidak harus menunggu dari leader, jika Anda sendiri merasa mampu, maka lakukanlah mulai dari sekarang.

Untuk kemudahan dalam mempersonalisasikan bagian ini adalah dengan memanfaatkan CRM baik secara tradisional (jika menurut Anda masih efektif) atau dengan memanfaatkan software CRM baik on pre-mise maupun cloud. Dengan cara ini Anda dapat bekerja lebih cepat dalam mempersonalisasikan kebutuhan yang berhubungan dengan pelanggan.

2. Mengkoordinasikan metode pendekatan Anda

Proses penjualan yang baik dapat mengkoordinasikan pendekatan yang lebih mudah. Baik saat Anda bekerja dengan banyak salesperson dalam perusahaan maupun saat Anda bekerja sendirian. Proses penjualan juga dapat membantu Anda mengubah strategi menjadi tindakan yang tepat.

Proses penjualan yang Anda miliki juga harus terdapat persiapan untuk penawaran atau presentasi yang dibutuhkan dalam kondisi tertentu. Contoh, saat Anda memiliki jadwal dengan prospek, Anda bisa saja dipertemukan dengan pemangku jabatan penting di perusahaan prospek Anda tersebut. Jika Anda tidak memiliki persiapan, bagaimana cara Anda menghadapi kondisi tersebut?

Nah itulah cara mempersonalisasikan proses penjualan yang dapat kami berikan untuk Anda. Jika Anda suka dengan artikel-artikel kami, Anda dapat mendaftarkan email Anda sebagi subscriber blog kami ini. Caranya cukup isi form pada kolom subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com