Return to site

Menentukan Fokus Pada Prospek Yang Memiliki Potensi

Fokus yang dibutuhkan untuk penjualan

· Tips Sales

Ketika Anda mendapatkan prospek baru dari perusahaan atau pelaku bisnis yang menjalankan bisnisnya dalam waktu yang cukup lama, mereka tentu juga telah memiliki hubungan dengan kompetitor seperti yang Anda lakukan saat ini. Mereka juga menanamkan kepercayaan kepada mitra-mitra sebelum Anda masuk dalam bisnis mereka. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan potensi kembalinya kompetitor dari prospek tersebut jika Anda masih mengharapkan kesepakatan dari prospek ini.

Fokus, menjadi langkah utama yang harus Anda ambil untuk menjaga potensi kesepakatan dengan prospek tersebut. Ketika Anda memfokuskan proses dengan prospek yang benar, tentu Anda dapat memperbesar peluang untuk mencapai kesepakatan dengan prospek impian Anda tersebut.

Jangan meremehkan fokus saat Anda tahu prospek memiliki hubungan dengan kompetitor

Hal terberat untuk menciptakan kesepakatan adalah ketika Anda tahu bahwa prospek yang saat ini Anda temui memiliki hubungan dengan kompetitor Anda. Fokus Anda pada prospek ini menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki nilai lebih dibandingkan apa yang ditawarkan oleh kompetitor.

Anda tidak pernah tahu, kapan proses yang dilakukan oleh prospek dengan kompetitor akan berakhir. Selama prospek tersebut belum melakukan pembelian secara resmi, Anda masih dapat menyalip posisi kompetitor di hadapan pelanggan. Dengan fokus melayani prospek ini dengan benar, kesempatan mereka berbalik untuk menggunakan produk Anda akan semakin besar. Berikan nilai yang tepat serta layanan yang lebih baik dari kompetitor.

Fokus pada apa yang diharapkan oleh prospek

Fokus selanjutnya adalah bagaimana Anda dapat memahami kemauan prospek dan memberikan solusi yang tepat kepada mereka. Mulailah untuk terus mengejar prospek yang memiliki kemauan pada produk Anda. Percepat prosesnya dengan membuat salespipeline yang lebih sederhana tanpa mengurangi bagian-bagian pokok dari proses yang ditentukan oleh perusahaan.

Buatlah harapan prospek menjadi kenyataan dengan solusi yang Anda miliki. Jangan hanya fokus pada penjualan, karena cara ini hanya dapat membuang waktu Anda saja. Fokus pada penjualan artinya Anda mendesak prospek untuk segera melakukan pembelian. Sedangkan teknik ini hanyalah teknik lama yang sudah tidak begitu efektif dalam penjualan. Sebaliknya, jika Anda fokus pada solusi, peluang untuk mencapai kesepakatan akan lebih terbuka.

Kesimpulan

Fokus yang benar untuk mencapai penjualan dari prospek adalah bagaimana Anda dapat memberikan layanan dan solusi untuk mereka yang memerlukan produk Anda. Jangan pedulikan adanya hubungan prospek dengan kompetitor, karena mereka hanya mencari opsi. Jika Anda bisa meyakinkan dengan solusi yang tepat, tidak mungkin mereka akan memilih produk kompetitor. Selain itu, fokus akan memudahkan Anda untuk mencapai titik akhir yang lebih cepat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com