Return to site

Mengapa Anda Tidak Mencoba Strategi Penjualan Ini?

Retensi pelanggan lama atau mencari pelanggan baru?

· Tips Sales

Bagaimana cara yang Anda gunakan untuk mendapatkan pelanggan selama ini? Apakah Anda melakukan promosi besar-besaran dengan beragam macam kampanye dan potongan harga? Pernahkah Anda membayangkan bahwa untuk mengajak pelanggan baru Anda membutuhkan usaha yang lebih berat dibandingkan dengan usaha untuk menciptakan retensi pelanggan yang sudah ada?

 

Apakah Anda pernah mencoba beberapa cara ini untuk meningkatkan retensi pelanggan lama untuk memaksimalkan penjualan? Jika belum, mengapa Anda tidak memulainya dari sekarang dengan memanfaatkan beberapa cara berikut ini.

 

1. Bangun fondasi pelanggan Anda dengan memanfaatkan media tradisional

Untuk menggaet pelanggan lama, Anda perlu membangun fondasi dengan memulai untuk melakukan cara tradisional. Cara tradisonal disini dapat berupa kampanye melalui TV/Radio. Karena dengan menggunakan media ini Anda dapat mengingatkan pelanggan-pelanggan Anda lagi ketika ia sedang tidak berada di perusahaan. Kita tahu, kesibukan pelanggan saat hari-hari aktif akan membuat mereka lupa dengan perusahaan Anda. Dengan cara tradisional ini lah yang nantinya akan memudahkan Anda agar kembali diingat oleh pelanggan.

 

2. Menjaga hubungan dengan pelanggan melalui media social

Selalu memantau pelanggan melalui media social merupakan langkah baik untuk menciptakan retensi pelanggan lama. Ini membuktikan bahwa perusahaan benar-benar peduli kepada pelanggan dengan memberikan respon dan pembaruan mengenai produk melalui media yang lebih mudah dijangkau.

 

Jangan pernah mengabaikan mention pelanggan Anda baik itu berupa masukan positif maupun negatif. Membalas respon positif mungkin akan lebih menyenangkan bagi perusahaan. Tetapi, jika perusahaan tidak memberikan respon baik untuk respon negatif dari pelanggan baru, pelanggan lama akan menilai bahwa perusahaan tidak peduli lagi dengan pelanggan-pelanggannya.

 

Selain memberikan respon, perusahaan wajib melakukan perubahan untuk memperbaiki respon negatif yang diterima oleh pelanggan. Jika perusahaan hanya memberikan janji saat merespon komentar negatif dari pelanggan, bukan tidak mungkin pelanggan lama akan pergi mencari perusahaan lain yang lebih baik.

 

3. Personalisasikan pesan dalam pemasaran Anda

Manfaatkan data yang dimiliki oleh perusahaan untuk menciptakan konten marketing yang spesifik. Dengan membuat materi marketing yang sesuai dengan pelanggan, harapan untuk mendapatkan penjualan dari pelanggan lama akan lebih terbuka.

Banyak salesperson dan marketer yang mengeluh kesulitan untuk mempersonalisasikan data pelanggan untuk menemukan materi marketing yang tepat. Padahal pada era digital seperti saat ini, salesperson dan marketer dapat menggunakan algoritma komputer melalui software-software atau aplikasi seperti Customer Relationship Management (CRM), analytics dan program-program komputasi lainnya yang dapat mengolah data dengan cepat.

 

4. Temukan produk yang berhubungan dengan pelanggan lama

Seorang pelanggan yang melakukan pembelian tentu memiliki masalah-masalah terkait lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk penjualan baru. Temukan produk yang sesuai, tawarkan kepada pelanggan lama Anda. Ini akan menjadi langkah yang sangat efektif untuk menciptakan penjualan baru dari pelanggan lama Anda.

 

Dengan menawarkan produk yang relevan dengan kebutuhan pelanggan lama, Anda membutuhkan biaya pemasaran yang lebih sederhana dibandingkan harus melakukan program kampanye untuk mendapatkan pelanggan baru.

 

Jadi, apakah Anda setuju untuk menarik pelanggan lama sebagai strategi penjualan yang lebih baik? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com