Return to site

Mengapa Big Data Memiliki Peran Penting Untuk Bisnis?

Peran serta Big Data dalam bisnis

· News

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana big data penting untuk bisnis Anda, kami akan mengingatkan kembali definisi tentang big data. Big data merupakan kumpulan data terstruktur dan tidak terstruktur dan memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi. Sehingga, secara teknis pemrosesan data yang memiliki kompleksitas tinggi sangat sulit dilakukan secara tradisional. Umumnya, big data memiliki 3 unsur seperti volume, variasi dan kecepatan.

 

Volume berkaitan dengan tingkat penyimpanan data atau jumlah data yang tersimpan. Dalam bisnis, tentu perusahaan akan mengumpulkan semua data dari berbagai sumber seperti data transaksi penjualan, data pelanggan, data-data lain seperti survey dan media sosial serta semua data yang disimpan dari masa lalu. Kecepatan merupakan bagaimana perusahaan dapat mengakses data setiap saat tanpa harus menunggu waktu yang panjang atau dalam artian real-time updates. Sedangkan variasi mengacu pada tipe data baik berupa teks, video, gambar, audio maupun tipe-tipe data lainnya.

 

Anda sudah memahami arti dari big data dan unsur yang terdapat pada big data. Sekarang, kami akan memberikan gambaran kepada Anda, mengapa big data itu penting untuk bisnis Anda.

 

1. Memahami kondisi pasar

Pada dasarnya, data yang dimiliki oleh perusahaan akan berperan untuk menganalisa pasar. Namun, untuk data yang lebih kompleks tentu akan memberikan akurasi lebih untuk perusahaan agar dapat memahami kondisi pasar jauh lebih baik dibandingkan dengan pengolaan data biasa. Sebagai contoh, dengan menganalisa perilaku pembelian yang dilakukan pelanggan, perusahaan dapat mengetahui produk mana yang paling banyak terjual dalam periode tertentu dan memprediksi potensi di masa depan. Sehingga, perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih cepat untuk memperbaiki produk tersebut agar lebih unggul dibandingkan produk yang serupa dari kompetitor.

 

2. Memahami pelanggan lebih baik

Anda sudah mengenal platform/software Customer Relationship Management (CRM) untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Dengan kolaborasi antara CRM dan big data, perusahaan dapat memprediksi apa yang diinginkan oleh pelanggan sebelum Anda memutuskan untuk memberikan layanan kepada mereka. Selain itu, kolaborasi antara CRM dan big data juga dapat meminimalisir keluhan pelanggan dengan lebih mudah. Big data akan menganalisa komentar negatif dari media sosial, sedangkan CRM akan memberi tahu Anda kapan harus memberikan respon dan follow up secara internal untuk memberikan respon terhadap keluhan tersebut.

 

3. Menghemat biaya dan waktu

Memang, untuk memiliki platform analisa big data membutuhkan biaya yang lebih besar di awal implementasi. Tetapi, biaya besar tersebut hanya dikeluarkan satu kali dan selanjutnya akan lebih menghemat beban pengeluaran perusahaan. Dikarenakan pengolahan data dilakukan secara otomatis oleh platform, tim Anda akan bekerja lebih cepat dan fokus pada pekerjaan-pekerjaan lainnya.

 

4. Mengontrol reputasi online

Big data yang terhubung dengan media sosial dapat mengontrol reputasi online dari bisnis Anda. Karena, Anda dapat memantau semua aktivitas di media sosial dan komentar-komentar yang diberikan oleh pelanggan. Secara singkat, kami telah memberikan penjelasan mengenai hal ini pada poin #2.

 

Itulah alasan mengapa big data penting untuk bisnis yang Anda. Kenali lebih jauh tentang data perusahaan, karena itu akan membantu perusahaan mencapai hasil lebih baik. Ada hal lain yang ingin Anda tambahkan terkait big data? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com