Return to site

Mengapa Salesperson Membutuhkan CRM? 7 Hal yang Harus Diketahui!

· CRM,CRM Indonesia

Dalam dunia penjualan, tantangan terbesar yang dihadapi oleh para salesperson adalah bagaimana cara mengkualifikasi dan melakukan tindak lanjut terhadap prospek, serta bagaimana cara untuk memprioritaskan kegiatan penjualan. Namun, Customer Relationship Management (CRM) merupakan alat yang tidak hanya memecahkan masalah utama tersebut. Sebenarnya, CRM mampu menangani berbagai isu penting lainnya. Berikut adalah alasan mengapa salesperson membutuhkan CRM:

1. Penyimpanan Data yang Aman

CRM membantu salesperson untuk menyimpan kontak, peluang penjualan, aktivitas, dan rencana terjadwal secara aman dan terpusat dalam satu tempat. Dengan akses yang terus-menerus dari berbagai lokasi, Anda bisa yakin bahwa data Anda tidak akan hilang begitu saja.

2. Perencanaan dan Pengelolaan Waktu yang Profesional

CRM membantu salesperson untuk mengoptimalkan jadwal harian dan memprioritaskan tugas agar pelanggan tidak diabaikan dan prospek kunci dihubungi tepat waktu. Dengan CRM, salesperson dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan pelanggan, yang berujung pada penutupan lebih banyak kesepakatan dan memperkuat basis pelanggan.

3. Laporan Aktivitas yang Mudah Di Akses

CRM membantu salesperson untuk dengan mudah menyusun laporan mingguan atau bulanan untuk manajemen. Prosesnya terotomatisasi dan transparan, hanya butuh beberapa klik untuk memberitahu orang lain tentang penjualan yang sedang berlangsung.

4. Mengurangi Waktu Terbuang Sia-sia

CRM membantu salesperson untuk melakukan segmentasi data dan mengidentifikasi peluang berharga melalui pemilihan berbasis kriteria. Hal ini mencegah Anda dari menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyalin dan menempel dari berbagai dokumen, atau mencari-cari di daftar data yang tidak teratur.

5. Tetap Terkini dengan Informasi Terbaru

CRM menawarkan kalender bersama, templat dokumen, dan integrasi email, menyatukan semua anggota tim dan menjaga semua orang tetap terkini. Berbagi pola penjualan dan proses memungkinkan salesperson untuk melihat strategi terbaik. CRM juga meningkatkan komunikasi antara tim penjualan dan manajemen penjualan.

6. Tepat Waktu untuk Mencapai Penjualan Baru

Dengan melacak semua komunikasi dengan pelanggan, CRM membantu salesperson untuk mengetahui kapan tepatnya pelanggan perlu dihubungi; misalnya, untuk penggantian produk, perpanjangan kontrak, atau untuk melakukan penjualan tambahan kepada produk atau layanan baru. Semua ini meningkatkan peluang penutupan penjualan.

7. Merasionalkan Siklus Penjualan Anda

CRM membantu menyederhanakan seluruh siklus penjualan, yang menghasilkan penutupan kesepakatan dalam saluran penjualan dan membantu semua anggota tim mencapai target lebih cepat. Dengan proses pemesanan dan penyusunan penawaran yang terotomatisasi dalam CRM, tim penjualan dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan pendapatan penjualan.

Dengan manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh CRM, salesperson dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberhasilan dalam mengelola penjualan serta hubungan dengan pelanggan.