Return to site

Mengapa Start Up Membutuhkan Strategi Penjualan?

Optimasi penjualan dengan strategi

· Tips Sales

Strategi penjualan tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar, tetapi juga diperlukan oleh start up. Karena, inti dari sebuah bisnis adalah penjualan. Jika bisnis yang baru Anda rintis ini tidak memiliki penjualan, bagaimana Anda mendapatkan pemasukan dari investasi yang sudah Anda lakukan? Sebagai contoh, Anda membuat aplikasi mobile, tidak ada produk yang Anda jual dari aplikasi tersebut bukan berarti Anda tidak memiliki produk. Justru produk Anda adalah aplikasi tersebut. Penjualannya seperti apa? Anda menarik lebih banyak pengguna untuk mendapatkan iklan dari brand atau iklan PPC. Begitu pula untuk start up lainnya.

 

Apa alasan lain yang mendasari start up memerlukan strategi penjualan?

 

1. Strategi membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan di semua lini

Setiap pelanggan memiliki tipe yang berbeda dan membutuhkan metode pendekatan yang berbeda pula. Bagi pelanggan lama, mereka membutuhkan sesuatu yang baru dalam produk Anda serta membutuhkan bantuan dan dukungan teknis dari perusahaan. Sedangkan bagi pelanggan baru, mereka ingin mengetahui apa saja yang Anda tawarkan. Dengan strategi penjualan yang baik, Anda dapat menciptakan metode pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

 

2. Strategi penjualan dapat meningkatkan ROI perusahaan

Apakah perusahaan harus fokus pada pelanggan baru atau mengayomi pelanggan lama yang sudah dimiliki saat ini? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan penting yang harus mendapat jawaban dari tim sales. Dengan mengetahui titik fokus dalam pencarian pelanggan, tim sales dapat meningkatkan penjualan. Yang artinya juga dapat meningatkan ROI untuk perusahaan.

 

Karena kebanyakan start up memiliki keterbatasan biaya untuk pemasaran, maka strategi penjualan yang efisien adalah dengan mencari titik fokus yang paling tepat untuk menjaring pelanggan. Dengan strategi penjualan ini pula Anda dapat menghilangkan langkah-langkah yang tidak penting agar dapat menjalankan proses penjualan lebih cepat.

 

3. Strategi penjualan yang baik dapat mempertemukan Anda dengan orang yang tepat

Merekrut anggota tim sales merupakan bagian penting yang harus dilakukan oleh pemilik start up. Ketika ia tidak memiliki strategi penjualan yang jelas, perekrutan yang dilakukan pun tidak dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan. Artinya, skill yang dimiliki oleh sales yang direkrut tersebut tidak sesuai dengan kriteria yang diharapkan apabila Anda tidak memiliki strategi yang jelas.

 

Itulah beberapa alasan mengapa strategi penjualan penting dilakukan oleh start up. Dapatkan tips-tips sales, marketing dan informasi tentang CRM melalui email Anda. Caranya, cukup dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com