Return to site

Menggunakan CRM Untuk Menganalisa Data

Memanfaatkan CRM dalam mengolah data

· CRM Di Indonesia,CRM,Benefits of CRM
Polling

Polling adalah salah satu metode survei dan trik marketing yang telah digunakan dalam beberapa dekade terakhir. Dalam marketing, metode ini biasanya dilakukan dalam rangka mengumpulkan data untuk mengetahui minat dari pelanggan atau untuk mengetahui seberapa puas layanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan. Jika dulu kita menggunakan polling dengan cara tradisional atau melalui offline, saat ini kebanyakan sudah menggunakan polling melalui online baik melalui website perusahaan atau social media.

Fungsi lain dari polling juga untuk mendekatkan perusahaan dengan pelanggan-pelanggannya. Karena, dengan polling ini perusahaan bisa berinteraksi dengan pelanggan dan mengukur loyalitas pelanggan.  

Mengenal Pelanggan dan mengumpulkan feedback dari pelanggan

Social media adalah merupakan tempat umum yang isinya tidak hanya pelanggan yang sudah ada saja tetapi juga berisi pelanggan potensial. Menggunakan polling bisa membantu perusahaan untuk memahami apa yang dipikirkan oleh audiens. Sebagai contoh, Anda dapat membuat polling mengenai produk atau brand. Tanyakan juga mana yang terbaik menurut mereka serta alasan mengapa mereka ingin merekomendasikan produk atau brand Anda. Selain itu Anda juga dapat menjadikan polling untuk mengumpulkan feedback dari para pelanggan Anda. Untuk mendapatkan feedback dari pelanggan, Anda bisa memanfaatkan pilihan “ya atau tidak” sebagai pilihan dari polling yang Anda buat. Untuk pertanyaannya pun dikondisikan dengan apa yang Anda butuhkan. Kumpulkan jawaban dari pelanggan Anda dan lihatlah hasil jawaban pelanggan untuk mengerti apa yang mereka inginkan.

Untuk kebutuhan riset

Untuk melihat lebih dalam lagi terkait apa yang sesuai untuk pelanggan ialah dengan mengumpulkan data dari polling yang sudah Ada dan menggabungkannya dengan feedback yang telah diberikan oleh pelanggan. Lakukan riset untuk menentukan produk atau brand mana yang terbaik yang disukai oleh pelanggan. Atau, Anda juga bisa membuat polling tersendiri untuk riset ini dengan mengirimkan email atau menelpon pelanggan secara acak. Akan tetapi yang Anda lakukan ini akan menciptakan data yang lebih kompleks.

Perlu Anda ingat, data dari hasil polling tersebut adalah merupakan data penting yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk terus berkembang atau tetap menjaga eksistensi perusahaan agar selalu diterima oleh pelanggan. Adalah sebuah keharusan dalam menyimpan data tersebut dengan baik, salah satunya dengan menggunakan CRM. Begitu juga saat Anda mengumpulkan data untuk menyelenggarakan event dengan tujuan marketing, tanpa data hasil polling yang sudah dilakukan sebelumnya mungkin Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Yang tersulit bukanlah pada jumlah dari hasil polling yang Anda lakukan, melainkan bagaimana dari polling tersebut Anda bisa melayani pelanggan dengan baik. Simpan kontak pelanggan Anda yang berpartisipasi dalam polling beserta pilihan atau jawaban mereka dalam CRM akan mempercepat kinerja Anda dalam mengembangkan strategi marketing kedepannya.

Ilustrasi (c) NY Photographic & Pixabay