Return to site

Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan Secara Virtual

· Customer Service

Menjaga hubungan dengan prospek melalui entertaining dengan makan siang, atau ngobrol di café untuk saat ini masih belum dimungkinkan. Karena peristiwa COVID-19 telah membuat pembeli dan penjual berada dalam batasan bekerja, Maka dari itu salesperson harus berinovasi dengan metode virtual untuk membangun kepercayaan dan hubungan yang berarti dengan klien mereka. Bagaimana cara menjalankannya? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

1, Jadwalkan happy hour secara virtual

Sementara masih COVID-19 untuk sementara waktu, berkomitmen untuk hang-out virtual masih menjadi pilihan untuk melepas penat dengan prospek. Bagi banyak klien yang lebih suka melewatkan video dan berkomunikasi melalui teks, email, atau layanan obrolan online, ini bermasalah dalam membina hubungan penting tersebut. Salah satu cara untuk melibatkan prospek adalah dengan menjadwalkan happy hour secara virtual. Anda dapat mengirimkan makanan untuk prospek yang dikirimkan secara langsung ke-rumah mereka beberapa menit sebelum meeting virtual dilakukan. Studi menunjukkan bahwa sosialisasi informal meningkatkan kemungkinan persuasi, karena peserta menemukan minat bersama dan menjadi lebih manusiawi. Carilah peluang untuk membuat percakapan mengalir seputar topik yang kurang berorientasi pada pekerjaan untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Kejutan untuk prospek

Seperti disebutkan di atas, gerakan seperti membeli makan siang untuk orang lain dapat menimbulkan perasaan timbal balik. Penelitian mengungkapkan bahwa ketika bantuan kecil dibagikan tanpa mengharapkan imbalan apa pun, ini dapat memotivasi penerima untuk menawarkan bantuan yang lebih besar lagi. Lebih penting lagi, kejutan ini menunjukkan kasih sayang dan kehangatan yang sangat dibutuhkan selama masa-masa terisolasi dan mental yang luar biasa.

3. Undang mereka ke pengalaman virtual yang menarik

Bersikap murah hati dan pribadi yang baik selalu merupakan pendekatan yang baik ketika mencoba mempertahankan hubungan dengan pelanggan, tetapi yang lebih baik lagi adalah menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dan unik. Meskipun memberi hadiah tiket teater atau olahraga tidak lagi menjadi kemungkinan, Anda masih dapat memberikan hal-hal lain secara virtual yang pasti memiliki dampak yang bertahan lama.

Sejak pesanan tinggal di rumah diberlakukan, Airbnb telah menyelenggarakan ratusan pengalaman virtual di platform mereka, mulai dari mencicipi anggur, kelas master kopi, ruang pelarian, dan pelajaran musik. Pengalaman-pengalaman ini adalah cara yang ideal untuk menarik perhatian calon pelanggan, sekaligus membedakannya dari pesaing dengan cara yang lebih manusiawi dan tidak terlalu berorientasi pada bisnis.

4. Bergabung dengan prospek melalui video pendek yang dipersonalisasi

Anda membutuhkan keterlibatan prospek, keterlibatan ini pun dapat Anda lakukan secara online, ada berbagai saluran yang dapat Anda gunakan untuk melibatkan prospek yang memberikan dampak yang cukup besar. Karena banyak penjual dilarang untuk bertatap muka selama masa PPKM, maka untuk menjaga hubungan baik dan melanjutkan proses bisnis, pertimbangkan cara terbaik untuk meniru hal-hal kecil dari interaksi langsung. Sesi konferensi video efektif, adalah solusi yang diperlukan yang dapat membantu Anda melihat keterlibatan prospek.