Return to site

Motivasi Sales: Kunci Sukses Bagi Salesperson

Bagaimana menjadi sosok sales yang membawa kesuksesan bagi perusahaan

· Motivasi

Kunci kesuksesan seorang sales bukan hanya diukur dari berapa banyak keuntungan yang berhasil ia bawa untuk perusahaan. Tetapi, faktor lain yang dapat menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan keberhasilan dari salesperson adalah bagaimana ketika ia mampu bekerja jauh lebih baik dari apa yang ia miliki saat ini. Karena, dari sini sales akan selalu menunjukkan perkembangan dari segi karirnya sendiri dan juga untuk perusahaan.

Salesperson memang memiliki kewajiban untuk membawa keuntungan bagi perusahaan. Tetapi, jika hanya keuntungan yang dijadikan tolok ukur kesuksesan seseorang, maka akan banyak sekali salesperson yang dianggap memenuhi kriteria seperti itu. Tetapi, jika keuntungan yang didapatkan hanya dalam satu kali dari masing-masing pelanggan yang didapatkan, apakah itu akan membawa potensi bagi perusahaan? Tentu tidak, ibaratnya, dari 1000 pelanggan yang didapat, dari 1000 tersebut 90% hanya melakukan pembelian sekali. Keuntungan yang didapatkan tentunya hanya berakhir satu kali.

Bagaimana dengan selanjutnya? Salesperson tersebut harus kembali mengejar penjualan-penjualan baru dari prospek-prospek yang didapatkan. Artinya, ada waktu lagi yang harus dilalui oleh salesperson untuk bisa menghasilkan penjualan. Jika berhasil, memang keuntungan didapat. Tapi, bagaimana jika suatu saat kondisi ekonomi semakin melemah? Apakah bisa penjualan tetap lancer dengan kondisi tersebut?

Sebagai salesperson tentu Anda sadar betul bahwa ketika ekonomi mengalami penurunan, artinya penjualan pun akan mengalami penurunan. Di sini, peran pembelian ulang dari pelanggan lah yang dapat menghindarkan perusahaan dari pernurunan pendapatan. Itu artinya, salesperson harus bisa keluar dari zona nyaman ketika hanya menghasilkan keuntungan sementara untuk perusahaan menjadi keuntungan tak terbatas dari waktu ke waktu. Bagaimana cara untuk bisa mencapai hal tersebut?

Salesperson harus bisa menjadikan dirinya untuk bisa bekerja jauh lebih baik dari apa yang dilakukan saat ini. Ada satu kalimat yang menarik untuk diingat oleh salesperson yang diungkapkan oleh Warren Buffet, kalimat tersebut adalah “It’s not necessary to do extraordinary things to get extraordinary results”, jika kami artikan menurut sudut pandang kami, kita tidak perlu bekerja untuk menjadi orang lain yang dianggap sangat luar biasa. Tetapi, bagaimana kita bisa bekerja sebaik mungkin untuk bisa menghasilkan hal yang lebih baik. Efektivitas, efisiensi dan produktivitas adalah yang penting untuk mendorong kesuksesan Anda dalam menghasilkan penjualan.

Satu cara sederhana yang bisa menambah tingkat pembelian dari pelanggan-pelanggan Anda adalah dengan cara, komunikasi yang berkelanjutan untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Apakah ini perlu melakukan hal luar biasa? Tentu tidak, yang Anda perlukan hanya menjaga pengalaman dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi dan hubungan. Yang sejatinya, hal ini sudah sangat sering Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti dengan keluarga dan teman.

Hanya saja, dalam menjalankan hubungan ini, Anda perlu menggunakan data agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dengan pelanggan. Menggunakan sistem/platform CRM akan sangat membantu Anda untuk menghasilkan hubungan yang lebih efisien dan efektif. Anda juga dapat mengikuti pertumbuhan penjualan Anda yang dihasilkan oleh pelanggan-pelanggan lama untuk menjadi salesperson yang benar-benar sukses bukan hanya berdasarkan keuntungan yang dihasilkan dalam satu kesempatan.

Beralihlah dari menggunakan penyimpanan data pelanggan secara tradisional dengan sistem CRM, dapatkan kemudahan untuk menemukan solusi-solusi untuk menghasilkan penjualan yang berkelanjutan. Sales1 adalah software CRM yang dapat Anda jadikan pilihan yang dapat Anda implementasikan secara on-premise maupun dengan cloud based CRM. Hubungi kami di hi@sales1crm.com untuk informasi lebih lanjut!

Ilustrasi (c) Unsplash.com