Return to site

Penerapan Penjualan Konsultatif Kepada Pelanggan

Menjual lebih baik dengan komunikasi berbasis konsultasi

· Tips Sales

Berbagi pengalaman dengan pelanggan merupakan tindakan yang sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan sales. Terlebih lagi bagi sales yang terlalu sibuk untuk fokus pada pencapaian target penjualan. Memang, tindakan ini tidak salah dan tidak ada aturan dalam sales untuk hanya fokus pada penjualan. Tetapi, untuk mencapai penjualan yang lebih optimal ditengah persaingan yang begitu ketat, sales harus mengubah cara mereka dalam bekerja.

 

Cara tersebut adalah dengan membuat pelanggan lebih nyaman dan merasakan tingkat layanan berbeda dari apa yang pernah ia dapatkan sebelumnya. Sales yang mampu melayani pelanggan dengan baik seperti ini tentu akan mendapatkan penghargaan tersendiri dari seorang pelanggan. Saat itu pula pelanggan akan mulai membantu sales dengan merekomendasikan produk kepada rekan-rekannya. Yang artinya sales telah berhasil menambah tim marketing pasif untuk membantu penjualan yang lebih baik.

 

Cara lain untuk dapat meningkatkan penjualan adalah dengan menerapkan metode konsultatif kepada pelanggan. Metode ini adalah metode dimana sales membagikan pengalaman kepada pelanggan terkait masalah yang sedang dihadapi serta mengajukan pertanyaan yang lebih mendalam kepada pelanggan untuk mengetahui masalah-masalah yang saat ini mereka hadapi.

 

Menerapkan metode konsultatif akan membantu pelanggan Anda melihat bahwa dengan bekerja sama atau menggunakan produk/layanan Anda, mereka dapat mencapai hasil yang lebih baik dari apa yang mereka bayangkan sebelumnya. Tak hanya itu saja, dengan cara ini pula pelanggan akan semakin loyal dan berpikir dua kali untuk meninggalkan perusahaan Anda.

 

Kunci utama untuk membuat pelanggan memahami pentingnya peran Anda untuk mereka adalah dengan cara meluangkan waktu dan memberikan pengalaman atau bimbingan. Fokus untuk membimbing pelanggan adalah bagaimana membantu mereka memahami informasi-informasi terbaru tentang industri mereka, bagaimana berbisnis, cara memimpin pelanggan-pelanggan mereka dan sebagainya. Tindakan yang Anda lakukan ini bukanlah untuk ajang pamer atau semata-mata ingin dilihat oleh pelanggan bahwa Anda adalah sosok yang hebat dalam dunia sales. Tetapi, cara Anda ini semata-mata adalah untuk membantu pelanggan memperbaiki apa yang telah mereka lakukan selama ini.

 

Ketika Anda berhasil meluangkan waktu untuk membimbing pelanggan, Anda tidak hanya berhasil membantu mereka untuk sukses dan tumbuh. Tetapi, Anda juga telah berhasil membawa diri sendiri untuk mengikuti jejak kesuksesan yang dicapai oleh pelanggan. Tidak lama bagi pelanggan untuk melihat sisi baik dan betapa pedulinya Anda kepada pelanggan serta menilai menjalankan kerjasama dengan Anda telah mengubah mereka untuk mencapai hasil yang luar biasa.

 

Kesmipulan:

Menjalankan metode penjualan konsultatif adalah bukan sekedar menjual produk/layanan yang Anda miliki tetapi juga tentang bagaimana Anda membimbing pelanggan. Jadi, ketika pelanggan memiliki masalah Anda dapat membimbing pelanggan untuk mengatasi masalah tersebut dan mengubahnya untuk bekerja lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com