Return to site

Pengembangan Rencana Untuk Eksekusi Follow Up

iMenyusun sebelum bertindak!

· Tips Sales,Sales Strategy

Dalam strategi penjualan dan strategi pemasaran, ada proses yang harus dilakukan secara berkala dan berulang. Proses tersebut adalah proses untuk mendapatkan komitmen, usaha dan follow up yang berkelanjutan. Selain proses ini, salesperson maupun marketer yang didampingi oleh leader masing-masing divisi, perlu memperhatikan dan menganalisis nilai efektivitas dan efisiensi tindakan follow up yang dilakukan oleh timnya.

Rencana yang diimplementasikan ini dapat menjabarkan semua hal yang dibutuhkan untuk membuat strategi yang dapat menghasilkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan untuk pengembangan rencana eksekusi follow up.

1. Penjadwalan

Follow up yang tepat sasaran merupakan proses yang harus dilakukan dengan terorganisir agar proses yang dijalankan benar-benar sesuai dengan harapan. Untuk itu, sales, marketer dan leader harus benar-benar menyiapkan rancangan jadwal follow up yang baik dan dapat dilihat oleh seluruh tim. Sehingga, proses follow up yang dilakukan terhindar dari follow up ganda baik dari satu orang tim maupun beberapa orang dalam tim.

2. Alat penjualan dan pemasaran

Tools (alat) dalam penjualan maupun pemasaran merupakan bagian dalam pekerjaan yang harus dimiliki oleh tim. Tujuan utama penggunaan alat ini adalah untuk pengembangan proses penjualan dan pemasaran yang lebih efektif dan terukur.

3. Sistem hubungan pelanggan (CRM)

Menjalankan proses penjualan dan pemasaran diperlukan hubungan dengan pelanggan. Jika tim sales dan tim marketing melupakan poin penting ini, maka sulit bagi perusahaan untuk bisa mencapai penjualan. Terlebih lagi apabila ada salesperson dari perusahaan lain yang mendekati prospek. Jika hubungan Anda dengan prospek tidak sebaik yang dilakukan oleh kompetitor, tidak heran jika Anda gagal mengembangkan proses hingga mencapai closing.

4. Pelatihan

Tidak ada salesperson yang sempurna, leader maupun manajemen perusahaan perlu memberikan pelatihan-pelatihan penting kepada tim sales agar dapat mengembangkan kemampuannya dalam memfollow up prospek. Jika kemampuan sales dan tim marketing tidak berkembang, strategi follow up yang dilakukan juga tidak sesuai, bagaimana mungkin tim Anda menemukan waktu yang tepat untuk mendapatkan prospek.

Dari berbagai strategi untuk meningkatkan efektivitas dalam eksekusi follow up agar dapat menghasilkan penjualan yang kami berikan, poin mana saja yang sudah pernah Anda pilih dan terbukti efektif? SIlakan bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK